Hari Pertama Anjuran Mudik Lebih Awal, Menhub Minta Dukungan Media Massa untuk Lakukan Hal Ini

- Sabtu, 23 April 2022 | 21:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyapa penumpang kereta Bogor-Sukabumi, Minggu 3 April 2022. (Istimewa)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyapa penumpang kereta Bogor-Sukabumi, Minggu 3 April 2022. (Istimewa)

DepokToday.com - Hari ini, Sabtu 23 April 2022, menjadi hari pertama anjuran pemerintah kepada masyarakat untuk mudik lebih awal

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta dukungan media massa untuk membantu pemerintah menyampaikan anjuran tersebut.

Menhub menilai, dukungan media massa sangat vital dalam rangka menyukseskan arus mudik lebaran 2022 yang sudah dipersiapkan pemerintah.

"Saya katakan peran 'kita', baik pemerintah, media dan masyarakat, sangat penting dalam rangka menyukseskan manajemen mudik yang sudah dipersiapkan," kata Menhub di Jakarta, Sabtu 23 April 2022.

Diprediksi, puncak mudik akan terjadi sekitar tanggal 28-30 April 2022. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk mudik lebih awal.

"Hari ini (23 April 2022) adalah hari pertama anjuran untuk melakukan mudik lebih awal. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan di hari puncak mudik lebaran tahun 2022," ujar Menhub.

Baca Juga: Menhub Prediksi 79,4 Juta Orang Mudik Lebaran Tahun Ini

Pada tahun ini dsekitar 85,5 juta orang diprediksi akan melakukan mudik. Sektor darat menjadi yang krusial untuk ditangani karena sekitar 47 persen dari masyarakat menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor).

“Dengan kita imbau mudik lebih awal, diharapkan VC Ratio (perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) tidak mencapai di atas 0,8, (macet parah),” katanya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X