KAI Beberkan Jumlah Penumpang Kereta Api Garut - Cibatu, Antusiasme Masyarakat Sangat Baik

- Sabtu, 9 April 2022 | 06:00 WIB
Rombongan anak-anak dari sebuah sekolah hendak menaiki kereta api Garut-Cibatu.(Foto: KAI)
Rombongan anak-anak dari sebuah sekolah hendak menaiki kereta api Garut-Cibatu.(Foto: KAI)

DepokToday.com - Antusias masyarakat sangat baik atas beroperasinya kembali layanan kereta api di lintas Garut-Cibatu, yang sudah berjalan selama dua pekan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengungkapkan banyaknya jumlah penumpang kereta sejak jalur Cibatu-Garut pertama kali dioperasikan pada 25 Maret 2022.

KAI merincikan, volume penumpang KA Cikuray relasi Garut-Pasar Senen mencapai 705 orang pada periode 25 Maret-7 April 2022.

Puncak penumpang KA Cikuray terjadi pada 27 Maret dimana jumlahnya mencapai 1.144 orang. Adapun rata-rata okupansi KA Cikuray pada periode tersebut yaitu 63%.

Selain KA Cikuray yang menjadi rute terjauh pemberangkatan dari Stasiun Garut, KAI juga membeberkan volumen penumpang KA Garut Cibatuan.

KA lokal dengan relasi Garut-Purwakarta itu memiliki 5.089 penumpang per hari, di mana puncaknya terjadi pada 27 Maret 2022 yakni sebanyak 6.317 orang.

Okupansi KA Garut Cibatuan pada periode tersebut mencapai rata-rata 171% dikarenakan adanya pelanggan dinamis yang naik dan turun di stasiun antara.

KAI sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat atas kehadiran kembali moda transportasi kereta api setelah hampir 40 tahun tidak beroperasi di Garut. Hadirnya kereta api di Garut akan mengurangi tingkat kemacetan kota serta memberikan solusi transportasi yang efisien dan terjangkau bagi pelanggan,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Jumat 8 April 2022.

Baca Juga: Mulai Besok KAI Operasikan KA Cikuray dan KA Lokal Cibatuan Tujuan Garut, Ini Jadwal Perjalanannya

Joni mengatakan keberadaan kereta api di Garut juga dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pariwisata di wilayah Garut dan Sekitarnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Public Relations KAI, Hops.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X