Hore, Pekerja Dengan Upah Dibawah Rp 3,5 Juta Bakal Dapat Bantuan Dari Pemerintah

- Selasa, 5 April 2022 | 20:37 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Suara.com)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Suara.com)

DepokToday.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan, dalam waktu dekat, pekerja yang memiliki gaji dibawah Rp 3,5 juta akan memperoleh bantuan upah dari Pemerintah.

“Program baru yang diarahkan Bapak Presiden, yaitu bantuan subsidi upah (BSU) untuk (pekerja dengan) gaji yang di bawah Rp3,5 juta,” kata Airlangga dalam keterangan pers bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, seperti dikutip Makasar Terkini.id, Selasa 5 April 2022.

Besaran bantuan itu sebesar Rp 1 juta per penerima dan sasarannya 8,8 juta pekerja, dengan kebutuhan anggaran Rp 8,8 triliun.

Baca Juga: Depok Kota Paling Intoleran di Indonesia, Ini Sederet Catatan Setara Institute

Lebih jauh Airlangga mengatakan, kebijakan itu dikeluarkan mengingat situasi geopolitik dunia yang meningkat akibat konflik Rusia dan Ukraina yang hingga saat ini masih terjadi hingga memperburuk tekanan inflasi dan mengakibatkan lonjakan harga komoditas global terutama energi dan pangan yang juga berdampak pada perekonomian di tanah air.

“Indonesia ada dua akibat, satu terkait dengan penerimaan ekspor tentu akan ada kenaikan tetapi juga ada transmisi (akibat) di dalam negeri yang tidak bisa seluruhnya ditransmisikan ke masyarakat. Oleh karena itu, tadi arahan Bapak Presiden bahwa perlindungan sosial perlu terus dipertebal,” ujar Airlangga.

Ilustrasi pekerja (Foto: Pixabay)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng yang diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

Baca Juga: Wali Kota Depok Resmikan Rumah Restorative Justice: Ini Sebagai Bukti, Jaksa Juga Manusia

Selain itu, direncanakan juga pemberian Bantuan Produkti Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 600 ribu per penerima yang diberikan kepada usaha mikro nonpenerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan (BT-PKLWN).

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: makasar.terkini.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X