Tiga Wilayah di Jawa Barat Ini Diusulkan untuk Dimekarkan, Daerah Mana Aja Tuh?

- Minggu, 13 Februari 2022 | 09:00 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (depan mic), memberikan keterangan pers seusai melakukan inspeksi jalur KA Bandung-Cibatu-Garut.(Foto: antaranews.com)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (depan mic), memberikan keterangan pers seusai melakukan inspeksi jalur KA Bandung-Cibatu-Garut.(Foto: antaranews.com)

DepokToday.com-Tiga wilayah di Jawa Barat sudah diusulkan menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat pada hari Jumat, 11 Februari 2022.

Ketiga CDPOB tersebut yaitu Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara. Dengan demikian, total CDPOB yang diusulkan Pemrintah Daerah Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2020 ada delapan daerah.

Kedelapan daerah itu yakni Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Meski begitu hingga saat ini Pemerintah Pusat masih memoratorium pemekaran daerah. "Kita akan terus mengusulkan daerah-daerah yang harus kita mekarkan, idealnya dari 27 daerah itu menjadi 40 daerah," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil memastikan, Pemda Provinsi Jawa Barat akan terus mengusulkan daerah yang dinilai perlu dimekarkan. Menurutnya, Jawa Barat dengan populasi hampir 50 juta jiwa idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.

Baca Juga: Jawa Barat Juara Investasi se-Indonesia Tahun 2021, Begitu Kata Ridwan Kamil

Baca Juga: Gubernur Jabar Tandatangani Surat Persetujuan Bogor Timur dan Indramayu Barat Sebagai CDPOB

Ilustrasi peta wilayah Jawa Barat.(Foto: Wikipedia via pikiranrakyat.com)

Dengan ditambah delapan usulan CDPOB, Jawa Barat kini berpeluang memiliki 35 daerah. Kang Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--mengatakan, angka tersebut sudah melampaui target RPJMD 2018-2023 di mana daerah yang diusulkan berjumlah lima. "Sekarang baru 35 daerah namun ini sudah melebihi target dari RPJMD kami yang hanya lima," ucapnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Humas Jawa Barat, jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Jumlah Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung

Jumat, 30 September 2022 | 17:00 WIB
X