Covid-19 Indonesia Naik Signifikan dalam Dua Pekan, Kemenkes Beberkan Penyebabnya

- Rabu, 2 Februari 2022 | 13:33 WIB
dr Siti Nadia Tarmidzi. (Istimewa)
dr Siti Nadia Tarmidzi. (Istimewa)

DepokToday.com - Angka penambahan kasus Covid-19 di Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan hanya berlangsung selama satu sampai dua pekan terakhir.

Selain mengkonfirmasi adanya kenaikan kasus akibat penularan, Kementerian Kesehatan juga menjabarkan penyebab lain angka kenaikan kasus naik signifikan.

Melansir dari situa Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, selaku juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, menyampaikan bahwa memang benar terjadi kenaikan positivity rate dalam seminggu terakhir.

Baca Juga: UAE Tangkal Serangan Rudal Saat Presiden Israel Bertemu Putra Mahkota Uni Emirat Arab

''Positivity rate mingguan kita ada kenaikan sebesar 3,65%. Hal ini selain seiring dengan kenaikan kasus konfirmasi, tapi juga sejalan dengan ditingkatkannya angka testing dan tracing,'' ujar dr. Nadia.

Dia mengatakan bahwa untuk mendapatkan data yang komprehensif, sebaiknya data dilihat dalam 7 hari terakhir, tidak hanya fokus pada data harian saja.

''Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 4805 agar kita dapat melihat perkembangannya dalam 7 hari dan tidak terfokus dengan data harian saja. Hal ini agar kita dapat melihat data secara utuh sehingga dapat memperoleh informasi yang tepat,'' tambah Nadia.

Kenaikan positivity rate ini menunjukan kemampuan deteksi Indonesia dalam hal testing dan tracing. Per tanggal 30 Januari 2022, jumlah orang yang di tes adalah 5,75 per 1000 penduduk per minggu. Angka ini jauh diatas angka anjuran WHO, yakni 1 per 1000 penduduk per minggu.

dr Siti Nadia Tarmidzi. (Istimewa)

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Geger, Ini Fakta di Balik Sel Mewah Ferdy Sambo

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Pria Ini Dibekuk Terkait Ledakan di Asrama Polisi

Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X