Covid-19 Naik PTMT Jalan, IDI Terus Desak Pemerintah Evaluasi Kebijakan

- Jumat, 28 Januari 2022 | 15:31 WIB
Simulasi PTMT di SDN 06 Beji. (Foto: DepokToday/Nur Komalasari)
Simulasi PTMT di SDN 06 Beji. (Foto: DepokToday/Nur Komalasari)

DepokToday.com - Kasus Covid-19 yang terus meningkat membuat sejumlah pihak ketar ketir. Serasa gemas dengan kebijakan yang dilakukan pemerintah pusat dengan menyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), Ikatan Dokter Indonesia  atau IDI meminta pemerintah mengevaluasi kebijakan itu.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban meminta hal tersebut untuk dievaluasi.

Melansir dari Suara.com, dirinya terus mendesak pemerintah mengevaluasi pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka 100 persen.

Zubairi menjelaskan, laju penularan atau positivity rate Covid-19 sudah mencapai 12 persen akibat lonjakan varian Omicron, jauh dari standar organisasi kesehatan dunia (WHO) yakni 5 persen dan tidak aman untuk pelajar masuk sekolah.

"Untuk sekian kali. Tolong pertimbangkan pelaksanaan PTM 100 persen. Positivity rate Indonesia sudah mencapai 12 persen. Bahkan peringkat jumlah kasus baru mingguan kita sudah mengalahkan Afrika Selatan dan mendekati Malaysia di Worldometers. Terapkan mode sekolah virtual—untuk sementara," kata Zubairi, Jumat 28 Januari 2022.

Selain IDI, lima organisasi profesi medis lain juga sudah meminta pemerintah untuk menghentikan PTM 100 persen.

Ilustrasi Covid-19 dan Influenza yang disebut Flurona (Foto: Hops.id)

Kelima organisasi tersebut yakni Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Indonesia Intensif Indonesia (PERDATIN), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular (PERKI), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Ketua PERKI Isman Firdaus menambahkan, anak-anak berpotensi mengalami komplikasi berat jika terpapar Covid-19 varian Omicron.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X