Waspada! Omicron Ternyata Bertahan Lebih Lama di Bagian Kulit dan Plastik

- Jumat, 28 Januari 2022 | 06:00 WIB
Ilustrasi varian Omicron (Foto: Istimewa)
Ilustrasi varian Omicron (Foto: Istimewa)

DepokToday.com-Varian Omicron dari virus Corona dapat tetap hidup di kulit selama lebih dari 21 jam, dan lebih dari delapan hari di permukaan plastik, yang mungkin berkontribusi terhadap penyebarannya yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis lain.

Para peneliti dari Universitas Kedokteran Prefektur Kyoto di Jepang menganalisis perbedaan stabilitas lingkungan virus antara strain SARS-CoV-2 Wuhan dan semua varian yang menjadi perhatian (VOCs).

Studi peer-review yang belum dilakukan, diposting baru-baru ini di repositori pracetak BioRxiv, menemukan bahwa varian Alpha, Beta, Delta, dan Omicron menunjukkan kelangsungan hidup lebih dari dua kali lipat lebih lama pada permukaan plastik dan kulit, daripada strain Wuhan.

"Stabilitas lingkungan yang tinggi dari VOCs ini dapat meningkatkan risiko penularan kontak dan berkontribusi pada penyebarannya," kata penulis penelitian yang dilansir Press Trust of India.

"Studi ini menunjukkan bahwa Omicron memiliki stabilitas lingkungan tertinggi di antara VOCs, yang mungkin menjadi salah satu faktor yang memungkinkan varian tersebut menggantikan varian Delta dan menyebar dengan cepat," kata mereka.

Baca Juga: Antisipasi Omicron Makin Tinggi, Dinkes Depok Buka-bukaan Covid-19 Depok Terkini

Baca Juga: Menkes: Varian Omicron Lebih Cepat Menyebar, Masyarakat Agar Waspada

Ilustrasi, penanganan pasien COVID-19 (Foto: Istimewa)

Studi menunjukkan pada permukaan plastik, waktu kelangsungan hidup rata-rata strain asli dan varian Alpha, Beta, Gamma dan Delta masing-masing adalah 56 jam, 191,3 jam, 156,6 jam, 59,3 jam, dan 114 jam.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: First Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X