Menkes: Varian Omicron Lebih Cepat Menyebar, Masyarakat Agar Waspada

- Kamis, 27 Januari 2022 | 17:45 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berbicara usai Rapat Terbatas. (Istimewa)
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berbicara usai Rapat Terbatas. (Istimewa)

DepokToday.com – Pemerintah mengabarkan, varian Omicron bakal menyebar dalam waktu yang singkat. Masyarakat perlu waspada agar tidak terjadi lagi lonjakan yang ketiga akibat varian ini.

Dilaporkan Suara.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, meminta masyarakat untuk waspada dengan lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

Budi menerangkan, tingkat kesakitan jika terpapar varian Omicron memang ringan dan tidak mengkibatkan rumah sakit penuh, namun penularan dan penyebarannya lebih cepat dari varian Delta.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan PDIP Enggan Pecat Arteria Dahlan Soal Bahasa Sunda

"Ciri-ciri Omicron ini penularannya cepat dan banyak, jadi nanti kami akan melihat dalam waktu yang singkat kenaikan jumlah kasus yang tinggi," kata Budi dalam jumpa pers, Kamis 27 Januari 2022.

Budi mengatakan, strategi pemerintah untuk lonjakan Omicron ini akan berbeda, pemerintah akan memaksimalkan pelayanan pasien agar isolasi mandiri, bukan meningkatkan kapasitas tempat tidur di rumah sakit.

Ilustrasi varian Omicron (Foto: Istimewa)

"Karena sebagian besar orang tanpa gejala, atau dia sakitnya ringan, hanya pilek, batuk atau demam sedikit yang sebenarnya bisa sembuh tanpa perlu dibawa ke rumah sakit," tuturnya.

Baca Juga: Dianggap Keseringan Unggah Soal IKN, Warganet Berikan Komentar Sinis untuk Ridwan Kamil: Kayak Buzzer

Diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali bertambah sebanyak 8.077 orang pada Kamis 27 Januari 2022, sehingga total kasus mencapai 4.309.270 orang.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X