Menguak Strategi Jitu Kapolri Hadapi Lonjakan Omicron

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:55 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek lokasi karantina di pos perbatasan lintas negara (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek lokasi karantina di pos perbatasan lintas negara (Foto: Istimewa)

DepokToday.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kembali mengingatkan anggotanya untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan, terlebih bagi para pelaku perjalanan luar negeri.

Tak hanya itu, Kapolri bahkan terjun langsung untuk memeriksa kelengkapan tempat karantina hingga di perbatasan Indonesia. Salah satunya seperti di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat.

Dalam kunjungannya itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersama Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, menekankan soal penerapan prokes dan karantina yang harus dilakukan sesuai dengan standar operasional kesehatan.

“Hari ini saya dengan pak Menkes meninjau langsung wilayah PLBN di Entikong. Karena di Entikong salah satu pintu masuk para PPLN, pekerja migran yang masuk ke wilayah Indonesia. Kita tahu saat ini varian baru Omicron masuk dan kebanyakan memang dari data yang kita punya rata-rata berasal dari PPLN,” kata Jenderal Listyo Sigit melalui keterangan resmi yang diterima DepokToday.com pada Rabu, 19 Januari 2022.

Baca Juga: Kota Depok PPKM Level 2, Berikut Aturan untuk Pekerja Kantoran

Terkait hal itu, ia juga menekankan agar semua personel TNI-Polri dan seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi ini tidak boleh lengah ataupun abai terkait dengan penerapan prokes dan masa karantina wajib bagi para pelaku perjalanan luar negeri. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 Omicron

“Karena itu kita ingin memastikan bagaimana proses pemeriksaan terhadap PMI (Pekerja Migran Indonesia) ataupun PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) yang masuk melalui PLBN Entikong,” tegasnya.

Demi memastikan pintu wilayah Indonesia aman dari penyebaran Omicron, Sigit juga menyempatkan diri melakukan pengecekan langsung pemeriksaan kesehatan para PPLN hingga proses selanjutnya menuju ke lokasi tempat-tempat karantina yang telah disiapkan.

“Mulai dari pintu masuknya, bagaimana pengecekan terhadap protokol kesehatannya dan kemudian setelah itu bagaimana proses karantinanya. Sehingga, kita harus meyakinkan bahwa semuanya itu berjalan dengan baik,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X