Soroti Viralnya NFT Ghozali Everyday, Kemendagri Wanti-wanti Soal Penipuan

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:08 WIB
Foto Ghozali (Foto: Hops.id)
Foto Ghozali (Foto: Hops.id)

DepokToday - Viralnya warga Semarang, Ghozali Everyday yang berhasil mendapatkan miliaran rupiah dari penjualan Non Fungibel Token atau NFT membuat banyak mengikuti jejak pemuda tersebut. 

Melansir dari Pikiran Rakyat, karena Ghozali, bahkan belakangan di media sosial seorang warga menjual Kartu Tanda Penduduk (KTP) di platform tersebut.

Adanya fenomena ini juga ditanggapi oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan bahwa foto dokumen kependudukan berisi data-data pribadi.

Baca Juga: Ribut-ribut Dugaan Korupsi Anak Jokowi, Ubedilah Bisa Dapat 200 Juta?

Kata dia, data-data tersebut memicu terjadinya penipuan atau kejahatan, dan membuka ruang bagi pemulung data untuk menjual data tersebut.

Foto Ghozali (Foto: Hops.id)

“Foto dokumen kependudukan yang berisi data-data pribadi dan sudah tersebar sebagai NFT itu, akan sangat memicu terjadinya fraud/penipuan/kejahatan, dan membuka ruang bagi ‘pemulung data’ untuk memperjual-belikannya di pasar underground,” kata dia dikutip pada Senin 17:Januari 2022.

Kata dia, terdapat ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun bagi yang melakukan kejahatan tersebut.

“Terdapat ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak satu miliar rupiah, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 96 dan Pasal 96A Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013,” tuturnya, seperti dilaporkan laman resmi Kemendagri. (lala/*)

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB

Bupati Bogor Ditangkap KPK, Ridwan Kamil Terkejut

Kamis, 28 April 2022 | 07:00 WIB
X