Ribut-ribut Dugaan Korupsi Anak Jokowi, Ubedilah Bisa Dapat 200 Juta?

- Senin, 17 Januari 2022 | 13:15 WIB
Presiden Jokowi  (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

DepokToday- Laporan soal dugaan korupsi anak Presiden Jokowi menjadi sorotan banyak pihak. Kasus itu mencuat sejak dosen UNJ, Ubedilah Badrun melayangkan tudingan tersebut ke KPK.

Terkait hal itu, banyak pengamat yang ikut bersuara. Salah satunya yang belum lama ini turut berkomentar adalah politikus Demokrat Yan A Harahap.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, ia mengungkit keberadaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2018.

Menurutnya, bahwa dalam PP ini, masyarakat yang melaporkan kasus korupsi akan diganjar dengan hadiah sebesar Rp200 Juta.

Hal itu diungkapkan Yan A Harahap melalui akun jejaring media sosial Twitter pribadinya, @YanHarahap. Dalam kicauannya itu ia menjelaskan bahwa merujuk pada peraturan ini, terdapat aturan tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Bikin Geger Warga Beji, Ternyata Ini Identitas Mayat di Kali Ciliwung Depok

Bahkan PP itu diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 18 September 2019 silam. Kemudian apabila merunut Pasal 2 ayat (1) PP ini, ditegaskan bahwa masyarakat dapat berperan serta dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Adapun Pasal 2 ayat (2) ditegaskan bahwa peran masyarakat tersebut dapat diwujudkan dengan cara, salah satunya, memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi.

“Peran serta Masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diwujudkan dalam bentuk: hak mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana korupsi,” terang Pasal 2 ayat (2) huruf a dalam peraturan ini.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Hops.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X