Etika Politik yang Telah Pudar dari Para Pejabat Negara, Solusinya...

Tidar Aira
- Senin, 17 Januari 2022 | 13:51 WIB
Andra Setiawan.(Foto: Istimewa)
Andra Setiawan.(Foto: Istimewa)

DepokToday-Di masa sekarang, sudah tidak heran lagi bahwa pemerintahan sudah tidak dapat mengamalkan etika dalam melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pemegang kekuasaan dalam mengatur kehidupan warga negara Indonesia.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya para pejabat pemerintah yang melakukan pelanggaran dalam melaksanakan tugasnya, salah satunya, yaitu kasus korupsi yang menjadi kebiasaan atau sudah menjadi tradisi yang lumrah di dalam suatu pemerintahan di indonesia.

Hingga, rakyat pun sudah tidak heran lagi jika para pejabat melakukan hal tersebut karena rakyat sudah terbiasa dengan berita-berita yang ada di radio, tv, dan juga di koran yang memuat berita tentang kasus korupsi yang dilakukan oleh para pejabat negara.

Dengan hal ini, menjelaskan bahwa sudah tidak ada lagi kepercayaan rakyat terhadap pemerintah akibat dari seringnya rakyat yang melihat para pejabat melakukan pelanggaran-pelanggaran yang merugikan negara dan rakyat serta yang paling sering didengar oleh rakyat, yaitu kasus korupsi.

Hal ini seharusnya dapat menjadi perhatian penuh dari pemerintahan karena dengan seringnya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh para pejabat negara, mengakibatkan rakyat sudah hilang kepercayaan terhadap pemerintahan sebagai pengatur tatanan negara.

Hal tersebut dapat terjadi karena para pejabat negara sudah pudar akan etika dalam berpolitik yang seharusnya para pejabat ini dapat menjadi teladan atau contoh bagi para penerus bangsa dan rakyat namun hal tersebut sudah hilang entah kemana keberadaannya dengan seringnya para pejabat melakukan pelanggaran kasus korupsi dengan tujuan untuk kepentingan pribadi dan nafsu akan keserakahannya.

Dengan maraknya kasus korupsi di Indonesia, sudah sepatutnya pemerintah berbenah didalam pemerintahan untuk dapat lebih selektif lagi dalam memilih para pejabat untuk dapat melaksanakan tugasnya dan juga perannya dengan baik sebagai pengatur tatanan pemerintahan.

Salah satu contoh yang dapat diterapkan oleh pemerintah dalam memilih para calon pejabat /pegawai pemerintah adalah dengan menerapkan etika dalam berpolitik.

Ilustrasi korupsi.(Foto: Kejaksaan Negeri Kota Kediri)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB

Bupati Bogor Ditangkap KPK, Ridwan Kamil Terkejut

Kamis, 28 April 2022 | 07:00 WIB
X