Sindir Netizen, Maruf Amin: Tong Kosong Nyaring Bunyinya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 15:00 WIB
Wapres RI, Maruf Amin (Foto: Istimewa)
Wapres RI, Maruf Amin (Foto: Istimewa)

DepokToday- Wakil Presiden, Maruf Amin menilai saat ini minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah lantaran terlalu sibuk dengan media sosial. Ia berharap, jangan sampai hal itu membuat negara ini terlalu banyak bicara tapi tidak memiliki pengetahuan memadai.

“Ini harus kita perbaiki, jangan sampai kita menjadi bangsa ibarat ‘tong kosong nyaring bunyinya’,” kata Maruf Amin dikutip DepokToday.com dari Suara.com pada Kamis, 13 Januari 2022.

Menurut dia, saat ini Indonesia menempati urutan ke lima di dunia sebagai negara yang penduduknya sangat aktif di media sosial.

Baca Juga: Bayar Rp100 Ribu, Pembalap Liar Strees Race Ancol Sudah 200 Peserta

Ironisnya, kata Maruf Amin, merujuk data UNESCO atau The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation, dia menyebutkan hanya satu dari 1.000 orang Indonesia yang gemar membaca.

“Patut kita sayangkan minat baca orang Indonesia sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Wapres RI. Maruf Amin (Foto: Istimewa)

Disisi lain, lebih dari separuh penduduk Indonesia secara aktif menggunakan media sosial. Berdasarkan laporan Digital 2021: The Latest Insight Into The State of Digital, sebanyak 170 juta dari 274,9 juta penduduk Indonesia menggunakan media sosial, atau setara dengan sekira 61,8 persen.

“Kita luar biasa kalau ber-medsos itu, nomor lima di dunia. Anak-anak sekarang bawa terus handphone, ada yang punya dua, ada yang punya tiga,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Detik-detik Anggota Brimob Ditembak KKB dari Belakang

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:38 WIB
X