Terjaring OTT KPK, Bupati Abdul Rupanya Miliki Harta Mencapai Puluhan Miliar Rupiah

- Kamis, 13 Januari 2022 | 11:32 WIB
Gedung KPK (Foto: Instagram/@official_kpk)
Gedung KPK (Foto: Instagram/@official_kpk)

DepokToday – Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud tersandung kasus korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap bupati calon ibukota baru tersebut.

Bupati Abdul terjaring OTT oleh tim Satgas KPK bersama dengan 9 orang lainnya, karena diduga terkait dugaan korupsi mengenai suap dan penerimaan gratifikasi. Politisi Partai Demokrat tersebut ditangkap di wilayah Jakarta Selatan.

Dilansir dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK dari Suara.com, Bupati Abdul terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 26 Februari 2021 untuk periode 2020. Total kekayaan Bupati Abdul mencapai Rp 36,7 miliar.

Baca Juga: Lagi, Pejabat Daerah Kena OTT KPK, Siapa Dia?

Bila dirinci, untuk tanah dan bangunan dimiliki Bupati Abdul paling banyak tersebar di wilayah Balikpapan sebanyak sembilan bidang. Kemudian, satu berada di Jakarta Barat. Bila ditotal mencapai Rp34,3 miliar.

Kemudian, untuk transportasi Bupati Abdul memiliki Mobil Ford Fiesta tahun 2011, Mobil Honda City Tahun 2009, Mobil Honda CRV Tahun 2002, dan Motor Yamaha Soul tahun 2007. Total keseluruhan mencapai Rp 509 juta.

Adapun harta bergerak lainnya yang dimiliki Bupati Abdul mencapai Rp1,4 miliar. Serta kas dan setara kas Rp546 juta. Sehingga total keseluruhan Bupati Abdul dari laporan LHKPN periode 2020 mencapai Rp36,7 miliar

Baca Juga: Wali Kota Bekasi Dikabarkan Kena OTT KPK, Ini Kronologi Kasusnya

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut KPK melakukan OTT terhadap Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud dan beberapa orang lainnya.

Tim Satgas menangkap para pihak di sejumlah lokasi. Untuk Bupati Abdul dan beberapa pihak ditangkap saat berada di Jakarta. Sedangkan, Tim Satgas juga ada yang menangkap pihak-pihak di Kalimantan Timur.

Halaman:

Editor: Ade Ridwan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X