Megawati Kritik Impor Alat Kesehatan di Masa Pandemi: Seharusnya Kita Bisa

- Senin, 10 Januari 2022 | 14:01 WIB
Megawati Soekarnoputri (Istimewa)
Megawati Soekarnoputri (Istimewa)

DepokToday - Impor alat kesehatan atau alkes menjadi satu hal yang dikritik oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dia menegaskan, seharusnya pada situasi pandemi Covid-19 hal yang lebih penting harus diprioritaskan, termasuk dalam impor alat kesehatan

Mega mengatakan, jika ada hal yang lebih penting dalam setiap situasi. Termasuk ketika dalam kondisi pandemi ini. Karena saat ini masih dalam kondisi pandemi, penting kata dia untuk menyediakan alat kesehatan yang mumpuni, tapi bukan dengan cara impor alat kesehatan

"Desain kebijakan dalam masa pandemi terjadi pada situasi darurat. Desain yang mengedepankan mendahulukan yang lebih penting. Jadi melihat urgent dan priority," kata Mega dalam pidato politik di HUT ke PDIP ke-49, dikutip dari Suara.com pada Senin 10 Januari.

Baca Juga: Menaker Dukung Sertifikasi Tukang Bangunan, Apa Saja Manfaatnya?

Menurut Mega, PDIP sendiri masih mencatat adanya kerentanan sistem kesehatan nasional akibat ketergantungan pada impor.

"Dari dulu ya itu lagi lho ya Pak Jokowi, nggak usah yang megah-megah dulu lah ya. Tapi kan, masak alat suntik atau apa dan lain sebagainya itu masih saja dari luar. Masak gituan saja kita nggak bisa bikin ya. Menurut saya lagi lho," ujarnya.

Megawati Soekarnoputri kini jabat Ketua BRIN (Foto: Istimewa)

Mega mengaku heran padahal di Indonesia masih banyak orang-orang yang pintar dan punya keahlian. "Saya nanya ini kepada orang-orang penter lho. Orang Indonesia itu banyak yang pinter," tuturnya.

Lebih lanjut, Mega menyayangkan dengan terjadinya hal itu. Menurutnya, jika hal tersebut terus terjadi maka Indonesia tidak bisa berdiri di atas kaki sendiri.

Halaman:

Editor: Nur Komalasari

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X