Banyak Tentara China Gangguan Jiwa Akibat Tugas di Laut Natuna

- Rabu, 5 Januari 2022 | 20:14 WIB
Tentara China dalam sebuah upacara (Foto: suargrid)
Tentara China dalam sebuah upacara (Foto: suargrid)

 

DepokToday- Sejumlah tentara China dilaporkan mengalami gangguan jiwa akibat tak kuat mental karena ditugaskan di Laut China Selatan yang berbatasan dengan Natuna Utara.

Melansir PikiranRakyat.com, setidaknya satu dari lima awak kapal selam China yang bertugas di Laut Natuna telah didiagnosis menderita penyakit mental dan psikologis yang parah.

Hal itu diungkapkan langsung oleh para ahli kesehatan China, Institute of Military Health Management di Naval Medical University di Shanghai, Tiongkok dan diterbitkan dalam Journal of Military Medicine

“Studi ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa awak kapal selam dan perwira di Laut Cina Selatan terkena risiko penyakit mental dan menderita masalah psikologis yang parah,” kata peneliti dikutip DepokToday.com pada Rabu, 5 Januari 2022.

Baca Juga: 12 Januari 2022 Pemerintah Geber Vaksin Booster, Catat Nih Syaratnya

Seperti diketahui, beberapa tahun ini memang China tengah gencar mendekati wilayah Laut Natuna untuk mengklaim apa yang diyakini oleh mereka.

Tapi, tampaknya tindakan China yang menekan tentaranya dengan meningkatkan patroli atau operasi kapal selam malah berakibat buruk.

Kesehatan mental awak kapal selam milik China menjadi terganggu menyebabkan mereka sakit jiwa.

“Salah satu kelompok tentara yang berisiko mengalami gangguan kesehatan mental adalah mereka yang bertugas di kapal selam, terutama di Laut Natuna,” ujar para peneliti China.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Pikiran Rakyat, Defence Security Asia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X