Terpopuler DepokToday, 27 Desember 2021: Karomah Wan Sehan, Habib Bahar Bikin Motor Hidup Tanpa Bensin

- Senin, 27 Desember 2021 | 12:44 WIB
Habib Syaikhon atau yang populer disapa Wan Sehan (Foto: Istimewa)
Habib Syaikhon atau yang populer disapa Wan Sehan (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Senin siang, 27 Desember 2021. Pertama, Habib Syaikhon atau akrab disapa Wan Sehan belum lama ini viral di media sosial karena memiliki karomah yang tidak dimiliki manusia biasa.

Terpopuler kedua, Karomah Habib Bahar viral di media sosial karena bisa menghidupkan motor ketika bensin habis.

Selanjutnya, era digital bukan tidak mungkin masyarakat meninggalkan dunia hitam, tuyul pesugihan masih saja digandrungi, ritual sesat ini seolah tetap digandrungi.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Senin siang:

1. Kisah Marbot Mushola Saksikan Karomah Wan Sehan, di Luar Nalar


-
Habib Syaikhon atau yang populer disapa Wan Sehan (Foto: Istimewa)

Habib Syaikhon atau yang populer disapa Wan Sehan, adalah salah satu ulama yang dikenal dengan kelakuannya yang aneh dan janggal. Namun demikian, banyak yang percaya jika ulama tersebut memiliki karomah dan itu tak bisa dijelaskan dengan akal manusia biasa.

Salah satunya seperti yang terjadi pada seorang marbot atau penjaga mushola. Dalam sebuah kisah yang diungkapkan chanel YouTube Awaan Story dijelaskan, terdapat suatu kejadian yang menghenrankan dan sulit untuk dijelaskan dengan nalar.

Ketika itu adzan magrib berkumandang. Di depan mushola, Wan Sehan malah teriak-teriak sambil bawa gitar. Padahal kala itu jamaah akan melangsungkan salat magrib.

Marbot mushola yang mengetahui tingkah Wan Sehan pun kesal. Ia dengan lantangnya mencaci maki Habib Syaikhon habis-habisan.

Lalu tiba-tiba Habib Syaikhon menjepit marbot tersebut dan dibenamkan ke dalam ketiaknya. Secara mengejutkan, si marbot menangis. Ia mengatakan melihat Masjidil Haram di Mekah, Baitullah, dan Ka’bah.

Akhirnya si marbot tersebut pun meminta maaf pada Habib Syaikhon atau yang akrab disapa Wan Sehan.

Melansir Hops.id, jaringan DepokToday.com, selain kisah tadi, pengalaman yang tak kalah mengejutkan juga dikisahkan oleh Ustaz Jaka Tingkir.

Pernah suatu hari Wan Sehan menghadiri acara Maulid Nabi di masjid Nurussalam di samping rumah Ustaz Jaka Tingkir.

Selesai acara, Ustaz Jaka Tingkir dipanggil oleh Habib Syaikhon diminta untuk mengambil daun dan memasukkannya ke dalam koper.

Oleh Habib Syaikhon, Ustaz Jaka Tingkir kemudian disuruh untuk membeli mobil Toyota Fortuner berwarna putih menggunakan daun dalam koper tersebut.

Hal itu tentu membuat Ustaz Jaka Tingkir heran dan bertanya-tanya, membeli mobil baru pakai daun?

Meski begitu Ustaz Jaka Tingkir akhirnya tetap berangkat ke dealer untuk membeli mobil yang diminta Habib Syaikhon dengan membawa koper berisi daun tersebut.

Namun siapa menyangka, sesampainya di dealer Ustaz Jaka Tingkir tercengah dengan isi dalam koper.

Bagaimana tidak, koper yang tadinya berisi daun itu tiba-tiba isinya sudah berubah menjadi penuh dengan uang.

Ustaz Jaka Tingkir akhirnya membeli mobil itu dan membawanya pulang ke hadapan Habib Syaikhon.

Habib Syaikhon pun lantas mencorat-coret mobil barunya itu dengan pilox warna-warni. Orang-orang meyakini ada hikmah di balik tindakan Wan Sehan itu. Di antaranya agar menghilangkan rasa bangga akan duniawi.

2. Menguak Karomah Habib Bahar, Bikin Motor Hidup Tanpa Bensin


-
Ilustrasi motor habis bensin (Foto: Istimewa)

Seorang pengikut setia Habib Bahar bin Smith menceritakan sebuah pengalamannya yang tak masuk akal. Menurutnya, itu semua terjadi karena karomah sang wali. Lantas seperti apa kisahnya?

Pria itu adalah Jalil. Ia mengaku telah mengenal Habib Bahar sejak 2017 silam. Sebagai orang dekat Habib Bahar, Jalil tentu punya sederet pengalaman ketika bersama dengannya.

Nah rupanya ada satu kisah yang sampai sekarang tak akan bisa ia lupakan karena terjadi di luar nalar.

Pengalamannya itu diungkapkannya Jalil ketika menjadi salah satu nara sumber di chanel YouTube Habib Syechrell Official dengan judul VIRAL!! KAROMAH HABIB BAHAR, BENSIN MOTOR HABIS TETAPI TETAP JALAN, Dengarkan Ceritanya !!

Dalam video tersebut, Jalil ditanya soal pengalamannya ketika mendampingi Habib Bahar. Ia mengaku, ada satu kisah yang sampai saat ini selalu diingat karena sulit untuk dijelaskan dengan nalar.

“Itu di luar akal, nggak bisa dijelaskan. Jadi saya saat itu habis tadarusan di mushola, nggak lama kemudian ada petugas lapas nelpon, ternyata itu Habib Bahar yang sedang pinjam Hp petugas,” kata Jalil mengawali kisahnya dikutip pada Senin, 27 Desember 2021.

Ketika itu, ujar Jalil, Habib Bahar minta dibelikan cemilan untuk sahur. Dan minta dikirim sekarang juga. Padahal waktu menunjukan pukul 00:30 WIB. Namun karena kecintaannya pada sang guru, Jalil pun bergegas pergi ke pasar, ditemani beberapa rekan majelis.

Setibanya di lapas, Jalil bergegas memberikan makanan tersebut. Setelah itu ia pamit pulang. Nah dari situlah awal mula peristiwa yang tak bisa dilupakannya terjadi.

“Pas saya pulang tiba-tiba di tengah perjalanan motor saya mati. Wah habis bensin. Saya starter lagi sempat jalan, tapi setelah Makam Pahlawan dekat Lapas Pondok Rajek itu motor mati total, bensinnya kering,” tuturnya.

“Saya bingung, nggak ada bensin yang buka tengah malam begini. Saya akhirnya duduk, saya berdoa, ya Allah saya minta karomah dari keberkahan Habib Bahar biar ini motor nyala ya Allah, sampai ke tempat yang ada jual bensinnya ya Allah,” sambungnya lagi.

Usai memanjatkan doa, Jalil kembali naik ke atas motornya. Ia kembali mencoba untuk menyalakan mesin.

“Saya duduk di motor sambil baca Bismillah, saya starter itu motor hidup. Sampai itu ke tempat jualan bensin jarak satu meter bensin itu motor mati. Saya ucap istighfar berkali-kali. Motor yang nggak ada bensinnya hidup,” tuturnya.

Padahal saat itu tangki bensin motornya sudah kering, dan jarak untuk pengisian bensin sekira 5 kilo meter. Namun anehnya, motor tersebut nyala hingga akhirnya berhenti tepat di tempat pengisian bensin.

Takjub dengan apa yang dialaminya, Jalil dan rekannya itu pun menangis.

“Kita nangis padahal jarak lumayah jauh, sekitar 5 kiloan. Nah saya bicara sama istri, besoknya ke lapas lagi saya cerita ke Habib Bahar kejadian semalam, dia cuma tersenyum, saya langsung nangis, sambil meluk dia.”

3. Ini Ciri-ciri Majikan Tuyul, Pelaku Pesugihan di Era Digital


-
Diduga penampakan tuyul yang dijadikan alat pesugihan (Foto: Istimewa)

Masyarakat Indonesia cukup akrab dengan berbagai mitos, utamanya soalnya keberadaan makhluk gaib, seperti tuyul. Konon, sosok gaib tersebut dipelihara oleh pelaku pesugihan untuk meraup harta dengan cara instan dan tentu saja tidak halal.

Lantas seperti apakah ciri-ciri orang yang melakukan ritual sesat tersebut?

Ya, meski di zaman modern saat ini, nyatanya masyarakat Indonesia masih saja ada yang percaya dengan praktik gaib pesugihan. Salah satunya yang sampai sekarang tetap dibicarakan adalah dengan cara memanfaatkan tuyul.

Makhluk gaib itu digambarkan berwujud anak-anak dan berkepala plontos. Ada juga yang percaya sosok tuyul itu berbulu, hingga agak berlendir dengan gigi yang runcing.

Meski hanya mitos belaka, namun bagi sebagian orang tuyul memang kerap meresahkan masyarakat lantaran lihai dalam mengambil dan mencuri uang.

Percaya atau tidak, tuyul kerap melancarkan aksinya di waktu-waktu tertentu. Biasanya kehadiran tuyul ditandai dengan uang di rumah kamu hilang begitu saja secara misterius, namun tak diambil semuanya alias menyisakan sejumah uang tertentu.

Menghimpun dari berbagai sumber dan saluran YouTube Esa Production, berikuit ciri-ciri dan tanda orang punya pesugihan tuyul:

Jalannya Membungkuk dan Melipat Tangan ke Belakang

Berdasarkan mitosnya, ketika seseorang berjalan cenderung membungkuk dan melipat kedua tangan ke arah belakang seperti sedang menggendong sesuatu, maka itu merupakan tanda jika orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Setiap diamati, orang tersebut pun selalu berjalan dengan gestur tubuh seperti itu, dan untuk mengantisipasinya, lebih baik ketika orang tersebut sudah lewat di depan kita, ada baiknya jika kita menunjukkan kepalan tangan di belakangnya.

Punya Ruangan Khusus

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah memiliki ruangan atau kamar khusus, dan di dalam ruangan atau kamar khusus tersebut terdapat banyak bunga serta alat-alat ritual.

Ruangan atau kamar khusus itu sengaja di rancang untuk tempat istirahat daripada tuyul. Bunga beserta alat-alat ritual pun sengaja di tempatkan pada ruangan itu sebagai sesembahan atau santapan harian kepada tuyul.

Makan Sering Tidak Habis

Orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya kalau makan cenderung tidak habis atau gampang kenyang.

Tampak sepele memang, tapi dibalik itu semua, sisa daripada makanan yang tidak habis tersebut, justru akan dilahap oleh tuyul.

Sering Berjalan Keliling Perumahan

Selanjutnya, tanda dan ciri orang yang melakukan pesugihan tuyul biasanya seseorang yang sering berjalan sendirian di tempat keramaian atau sengaja keliling perumahan dengan gestur tubuh membungkuk, biasanya merupakan tanda dari orang yang mempunyai pesugihan tuyul.

Selain berjalan sendirian guna mengamati lingkungan yang akan dijadikan sasaran empuk, orang tersebut pun bisa sambil berkendara menggunakan motor atau mobil miliknya.

Biasanya tuyul itu pun akan di taruh di samping majikannya, dan jika sudah selesai berkendara, tuyul itu akan kembali menempel di punggung atau bermanja pada bahu majikannya.

Setiap Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon Melakukan Ritual

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah rutin melakukan ritual setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Ritual pada waktu tertentu itu, biasanya dimanfaatkan oleh orang tersebut untuk memandikan tuyul dengan darah ayam Cemani yang segar.

Istrinya Cenderung Pucat dan Kurus

Apabila seseorang yang mempunyai pesugihan tuyul sudah berkeluarga, maka biasanya raut wajah serta perawakan istrinya cenderung pucat dan kurus.

Hal tersebut disebabkan oleh perilaku tuyul yang kerap meminta jatah ‘susu’ kepada istri majikannya sebelum berangkat bekerja atau mengambil uang daripada hasil curian.

Pelit dan Perhitungan

Ciri orang pesugihan tuyul lainnya, mendapati tanda seseorang cenderung pelit dan perhitungan, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Lebih Suka Menyendiri

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul lainnya juga bisa terlihat dari hubungannya dengan tetangga serta lingkungan sekitar.

Sebab orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung tertutup, suka menyendiri, dan tidak pernah bersosialisasi.

Tak Pernah Sedekah

Berdasarkan kisah masyarakat, apabila seseorang anti bersedekah harta, maka dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Sebab, bersedekah harta merupakan pantangan. Energi daripada tuyul pun perlahan bisa hilang atau lenyap, jika tanpa disengaja melakukan aktivitas sosial, yaitu bersedekah harta.

Tak Punya Pekerjaan, Tapi Kaya

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul juga bisa terlihat dari gaya hidupnya yang hedon. Bisa membeli apa-apa bahkan membangun rumah megah.

Padahal jika diamati dan ditelusuri, orang tersebut tidak memiliki pekerjaan yang tetap, dan memiliki riwayat hidup dari kalangan kurang mampu.

Malas Beribadah

Menurut primbon Jawa, orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung malas beribadah.

Padahal sebelum mempunyai tuyul, orang tersebut dikenal rajin serta selalu menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar.

Suka Keluar Rumah Malam Hari

Banyak orang mempercayai, majikan alias orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya suka keluar rumah pada malam hari. Hal tersebut dipercaya dilakukannya, guna memastikan kembali keadaan sekitar.

Suka Buka Satu Kancing Baju

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, tanda orang yang mempunyai tuyul selanjutnya bisa terlihat dari penampilan istri dari sang pemilik tuyul.

Biasanya, istri dari pemilik pesugihan tuyul tersebut sengaja membuka satu kancing baju di tempat umum, agar tidak ribet memberikan ‘susu’ kepada tuyul peliharaannya.

Perawakannya Kurus dan Pucat

Ciri lainnya, bukan hanya istrinya saja yang terlihat pucat dan kurus, tapi perawakan daripada pemilik pesugihan tuyul tersebut pun tampak pucat dan cenderung kurus.

Hal itu disebabkan karena energi dari pemilik tuyul yang selalu terkuras, sehingga berdampak pada perawakannya.

Anaknya Jadi Tumbal

Terakhir, orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya akan menjadikan anaknya yang masih bayi atau paling kecil menjadi tumbal.

Editor: Ade Ridwan - Depoktoday

Tags

Terkini

Dewan Pers Paparkan Program Kerja ke Presiden Jokowi

Senin, 6 Februari 2023 | 23:38 WIB
X