Ucapkan Janji Setia, Puluhan Angggota KKB Papua kembali ke NKRI

- Minggu, 19 Desember 2021 | 13:00 WIB
KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday - Bertahun-tahun melawan pemerintah Indonesia, sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua akhirnya kembali ke pangkuan NKRI.

Ya, para anggota KKB ini menyerahkan diri dan menyatakan diri bergabung kembali ke NKRI di Mapolres Kepulauan Yapen, Sabtu 18 Desember 2021.

Melansir Inews.id, puluhan anggota KKB ke NKRI ini berikrar disaksikan Kapolres Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo, Asisten II Setda Yapen dan Kepala Kesbangpol Kepulauan Yapen.

"Kami selaku aparat keamanan di sini, Polres Kepulauan Yapen dan Kodim 1709/Yawa mempunyai komitmen yang tinggi untuk menjaga wilayah kita, di mana masyarakat Yapen telah kami anggap sebagai bagian dari keluarga" kata AKBP Ferdyan Indra Fahmi dalam siaran pers pada Minggu 19 Desember 2021.

Kapolres mengatakan, di samping melaksanakan kegiatan penegakan hukum, pihaknya terus melakukan upaya penegakan secara persuasif dan humanis.

"Kami akan terus memberikan pemahaman serta meyakinkan saudara-saudaraku semuanya bahwa aparat TNI-Polri yang ada di Kepulauan Yapen ini bukan sebagai musuh tapi sebagai keluarga," ujarnya.

Baca Juga: Melegakan, Hasil Riset Jelaskan Varian Omicron Punya Efek Kayak Gini

Pemerintah hadir untuk membangun Kepulauan Yapen dan membantu percepatan kesejahteraan untuk bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, dari sisi pendidikan dan dari sisi kesehatan.

"Saat ini kita juga fokus melindungi masyarakat serta menjaga masyarakat dalam menyongsong perayaan Hari Natal. Kita harus pastikan bahwa perayaan Natal berjalan dengan damai dan aman sehingga saudara kita semua melaksanakan ibadah dengan tenang," ujarnya.

Sementara itu Dandim 1708/Yawa Letkol Inf Catur Prasetyo mengatakan bahwa keberadaan TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti. "Kita di sini bersama-sama ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kepulauan Yapen," katanya. (lala/*)

Editor: Nur Komalasari - Depoktoday

Tags

Terkini

80.313 Jemaah Haji Indonesia Sudah Lunasi Bipih

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
X