Dengan Program Ini, 29 Balita Sudah Tak Konsumsi Susu Kental Manis

- Rabu, 15 Desember 2021 | 00:23 WIB
Program Mindful Parenting dan G21H.(Foto: Dok. YAICI)
Program Mindful Parenting dan G21H.(Foto: Dok. YAICI)

DepokToday-Sebanyak 30 balita mengikuti program Mindful Parenting dan G21H untuk mengubah kebiasaan konsumsi susu kental manis yang diselenggarakan oleh Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) bersama Komunitas Menata Keluarga (EMKA).

Dari keseluruhan balita tersebut, sebanyak 29 balita telah berhasil melepaskan ketergantungan terhadap konsumsi susu kental manis sebagai minuman harian.

Mindful Parenting merupakan metode pengasuhan yang fokus pada kesadaran orang tua dalam mengasuh anak.


Sementara Gerakan 21 Hari (G21H) merupakan upaya pembiasaan konsumsi makanan bergizi keluarga yang mulai dikampanyekan YAICI.


Gerakan ini didasarkan pada teori Maxwell, di mana sesuatu akan menjadi kebiasaan apabila dilakukan secara berturut-turut selama 21 hari. Penerapan mindful parenting dengan didukung oleh G21H diharapkan dapat mengubah kebiasaan balita yang sudah terbiasa mengkonsumsi susu kental manis.


Ketua Harian YAIC, Arif Hidayat, mengatakan terdapat 30 balita yang tersebar di 3 provinsi yang menjadi pilot project G21H.


“Sebagai langkah awal, kami mendampingi orang tua dari 30 balita di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk menerapkan pola pengasuhan mindful parenting untuk mengubah kebiasaan konsumsi susu kental manis pada balita. Hasilnya, sebanyak 29 balita telah berhasil merubah kebiasaan konsumsi kental manis,” jelas Arif.


Lebih lanjut, Arif menjelaskan program G21H Mengubah Kebiasaan Konsumsi Susu Kental Manis dengan metode Mindful Parenting ini dimulai sejak 19 November – 5 Desember 2021.


Pemilihan keluarga yang mengikuti program adalah adalah orang tua dengan balita yang terbiasa mengkonsumsi susu kental manis sebagai minuman susu. Setiap keluarga didampingi oleh kader yang telah mengikuti pelatihan Mindful Parenting.


BACA JUGA: Cerita Edukasi Gizi & Fakta Kental Manis Karya Guru PAUD Siap Dibukukan


BACA JUGA: 6.000 Guru PAUD Jakarta Siap Edukasi Keluarga Bahaya Konsumsi Kental Manis pada Balita

Melly Amaya Kiong selaku Founder Komunitas Menata Keluarga (EMKA) sekaligus praktisi mindful parenting yang mendampingi kader selama program memberikan apresiasi atas program G21H .

Halaman:

Editor: Tidar Aira - DepokToday.com

Tags

Terkini

Bikin Geger, Ini Fakta di Balik Sel Mewah Ferdy Sambo

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Pria Ini Dibekuk Terkait Ledakan di Asrama Polisi

Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB
X