Demo Mahasiswa Papua Ricuh, Dua Kelompok Saling Serang di Bali

- Rabu, 1 Desember 2021 | 17:02 WIB
Aksi unjuk rasa mahasiswa Papua di Bali (Foto: Instagram)
Aksi unjuk rasa mahasiswa Papua di Bali (Foto: Instagram)

DepokToday- Sejumlah mahasiswa Papua terlibat bentrok dengan kelompok massa lainnya saat menggelar aksi unjuk rasa Jalan Puputan Renon, Denpasar, Bali pada  Rabu, 1 Desember 2021. Aksi saling serang pun tak terhindari.

Dalam video yang beredar memperlihatkan, awalnya sejumlah mahasiswa Papua yang sedang memperingati 60 tahun deklarasi Kemerdekaan Papua Barat terlibat cek cok dengan sejumlah massa lainnya.

“Bangsa kita adalah bangsa yang besar. Mereka adalah aliansi mahasiswa Papua bayaran, dibayar Benny Wendah,” teriak kelompok massa berbaju hitam tersebut.

Baca Juga: DBD di Depok Sedang Mengganas, RSUD Sudah Rawat 80 Pasien Rentang Satu Bulan

Polisi yang berada ditengah-tengah berusaha meredam emosi kedua belah pihak. Namun rupanya kericuhan tak dapat dihindari.

Mereka saling serang dengan lemparan batu dan lainnya. Situasi sempat mencekam. Tak hanya polisi yang membubarkan pendemo. Masyarakat dan petugas desa adat juga meminta pendemo membubarkan diri.

Masyarakat menilai demo yang digelar mahasiswa Papua tersebut cenderung mengarah ke tindakan anarkis.

Demo Mahasiswa dan Konflik Papua


Sebelumnya, Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM secara resmi mengumumkan pada hari ini jika pihaknya siap untuk “perang” atau kontak senjata. Terkait hal itu, mereka pun mengeluarkan peringatan agar warga non Papua untuk segera angkat kaki dari wilayah Intan Jaya, Papua.

Baca Juga: Sebut Tuhan Bukan Orang Arab, Ternyata Begini Cara Doa Jenderal Dudung

Melansir suara.com, hal itu disampaikan oleh Komandan Operasi TPNPB-OPM, Kodap 8 Intan Jaya, Undinus Kogoya.





Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengaku, bahwa peringatan itu disampaikan Undinus Koyega dalam laporannnya kepada Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM. (rul/*)





Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

X