Ketika Habib Bahar Bikin Napi Teroris Insaf di dalam Lapas

- Rabu, 1 Desember 2021 | 17:32 WIB
Habib Bahar bin Smith (tengah) setelah keluar dari sel di Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Minggu 21 November 2021.  Ruapnya ia sempat menceramahi napi teroris (Foto: Istimewa)
Habib Bahar bin Smith (tengah) setelah keluar dari sel di Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Minggu 21 November 2021. Ruapnya ia sempat menceramahi napi teroris (Foto: Istimewa)

DepokToday- Habib Bahar bin Smith mengungkapkan kisahnya ketika menyadarkan napi teroris (napiter) di dalam Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas. Ia bahkan mengaku sempat memarahi mereka karena salah mengartikan hadist ketika beradu debat.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, Habib Bahar mengaku sukses menyadarkan para napiter yang menganggap pemerintah dan polisi maupun TNI sebagai thaghut.

“Saya tak usah sebut namanya (napiter) kan mereka anggap Indonesia polisi pemerintah ini thaghut, saya marah. Saya bilang kau belajar dari mana bisa bilang polisi tentara pemerintah itu thaghut,” katanya dalam perbincangan di YouTube Refly Harun dikutip pada Rabu, 1 Desember 2021.

Baca Juga: Apa Betul Kamera Mampu Menangkap Hantu? Ternyata Cerita Pertamanya Bikin Haru

Saat itu, Habib Bahar merasa heran, kenapa semua orang yang tak sejalan dengan jalan pikiran para jaringan terorisme itu dilabeli dengan thaghut.

“Kau tahu nggak artinya thaghut? Akhirnya saja jelaskan itu,” tanya Bahar.

Agar lawan debatnya itu paham, Habib Bahar kemudian mengutip beberapa kitab tafsir yang menjelaskan soal makna dan konsep thaghut. Jadi ada yang mengartikan thaghut itu dukun, penyihir, berhala sampai pemuka agama Yahudi di zaman Nabi Muhammad SAW.

“Ada juga yang mengartikan thahgut itu iblis setan. Nah yang paling sahih adalah penjelasan dari Umar bin Khattab itu, dia mengartikan thaghut itu apapun yang disembah selain Allah itu thaghut,” jelasnya.

Habib Bahar Bikin Teroris Sadar


Setelah menjelaskan arti thaghut itu, Habib Bahar kemudian menceramahi teroris yang satu Lapas dengannya.

“Saya bilang ke mereka, pemerintah itu polisi itu banyak muslim, yang kalian bom itu muslim, Thaghut-nya di mana? Mana thaghutnya di mana?” kata dia.

Baca Juga: Keras! Habib Bahar Rela Korbankan Nyawa Demi Indonesia

Bahar mengklaim, sejak mendapatkan penjelasan dan diskusi tersebut, para narapidana terorisme ini akhirnya jadi paham bahwa selama ini mereka salah mengartikan konsep thaghut.

“Akhirnya mereka mulai paham, pelan-pelan mereka cinta tanah air, saya sampaikan itu cinta tanah air itu bagian dari iman,” kata Habib Bahar. (rul/*)

 

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X