Ramai Desakan Maruf Amin Mundur, Sosok Ini Dianggap Layak

- Rabu, 7 Juli 2021 | 21:23 WIB
Wapres RI. Maruf Amin. Belakangan ini banyak yang mendesak ia mundur dari jabatannya. Foto: Istimewa
Wapres RI. Maruf Amin. Belakangan ini banyak yang mendesak ia mundur dari jabatannya. Foto: Istimewa

JAKARTA- Belakangan ini, banyak politisi dan pengamat yang mendesak Maruf Amin mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden RI.

Mereka menilai, Maruf Amin tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

Bahkan baru-baru ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (BEM UNNES) menjuluki Maruf Amin dengan sebutan ‘King of Silent’.

Hal tersebut merujuk pada sikap Maruf yang terbiasa diam saat negara sedang darurat.

Terkait hal itu, Direktur Rumah Politik Indonesia atau RPI, Fernando menganggap, selama dua tahun menjabat di kursi pemerintahan, Maruf Amin tidak menunjukan kesungguhannya dalam bekerja.

Malahan, menurutnya, Presiden Jokowi terlihat seperti bekerja sendirian, alias tak ada yang menemani.

“Selama ini yang terlihat pada masyarakat Indonesia hanya Jokowi yang menjalankan pemerintah,” katanya dikutip dari Genpi, Rabu 7 Juli 2021.

Menurut dia, Maruf Amin sudah terlalu tua dan sepuh untuk diberikan tugas kenegaraan. Itulah mengapa, Fernando menilai, Presiden Jokowi terkesan mendiamkannya dan tak mau memberinya tugas apapun.

“Apakah mungkin Maruf Amin sudah sepuh, sehingga Jokowi enggan memberinya tugas?” ujarnya.

Saat pandemi melanda Indonesia, kata Fernando, seharusnya Maruf Amin bisa memainkan perannya dengan baik, yakni membantu tugas-tugas presiden. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Pemuka agama tersebut hanya diam dan tak menunjukkan tanda-tanda bekerja.

Atas dasar itulah, Fernando kemudian meminta, ada baiknya Maruf Amin mengundurkan diri dari istana. Sebab, ia meyakini lagkah itu baik untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Kalau saya ada di posisi Maruf Amin, untuk kepentingan bangsa dan negara, saya akan memilih mundur. Semoga Maruf Amin melakukan hal yang akan saya lakukan seandainya berada di posisi beliau.”

Siapa yang Gantikan Seandainya Maruf Amin Mundur?


Peneliti dari Indonesia Political Opinion atau OPI, Catur Nugroho turut menyampaikan analisisnya terhadap ‘kegaduhan’ tersebut. Dia mengatakan, ada kemungkinan Maruf mundur sebelum masa jabatannya berakhir.

Menurutnya, sosok yang paling berpeluang menggantikan Maruf dan menemani Presiden Jokowi di istana adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Prabowo Subianto bisa menjadi kandidat terkuat pengganti Maruf Amin bila dia (benar) mundur,” katanya.

Ia beranggapan, hingga saat ini banyak pihak yang berharap Jokowi dan Prabowo bisa berpasangan di kursi pemerintahan. Menariknya, kata dia, hal itu bisa terwujud tanpa harus menunggu Pilpres berikutnya.

“Iya, betul (daripada harus tiga periode),” katanya. (rul/*)

Baca Juga: Abu Janda Masuk ICU Akibat Terpapar COVID Varian Baru

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

X