Heboh, Poster Mahasiswa Baru UI Disebut Mirip Tampilan Sinetron

- Selasa, 15 Juni 2021 | 19:23 WIB
Poster penyambutan mahasiswa baru UI yang bikin heboh. (Istimewa)
Poster penyambutan mahasiswa baru UI yang bikin heboh. (Istimewa)

DEPOK- Poster ucapan selamat datang untuk mahasiswa baru yang ditampilkan pada akun media sosial Universitas Indonesia atau UI, mendadak viral karena menuai pro dan kontra sejumlah netizen.

Sejumlah warganet menganggap, poster itu unik dan ada yang mengaitkannya dengan tampilan gambar film sinetron.

Pada poster tersebut terlihat, ada foto lima mahasiswa dan tiga mahasiswi UI yang tingkat kecerahan objeknya berbeda-beda atau difoto dalam waktu yang tidak bersamaan.

Tak hanya itu, netizen juga mengkritik background atau latar belakang tampilan gambar awan putih dan langit biru dalam poster tersebut yang dikaitkan dengan film religius.

“Ni ngajak ke kampus apa akhirat,” tulis akun @duadlmension dalam kolom komentar.

Baca Juga: Jumlah Korban Meninggal COVID di 10 Kab-Kota Jabar, Depok Diposisi Ini

Bahkan, akun @arkaleaz mengunggah kembali poster tersebut menjadi bentuk video dengan warna hitam putih, disertai lagu dari penyanyi religi Opick, yang berjudul Rapuh.

“Tambahin musik sih biar dapet feellingnya,” tulisnya dalam kolom komentar.

Hingga saat ini, unggahan poster tersebut telah menuai 12 ribu lebih likes, enam ribu lebih retweet, dan 1.400 lebih komentar dari warganet.

UI Anti Mainstream


Menanggapi hal itu, Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menegaskan, pembuatan poster sudah melalui proses perencanaan yang cukup lama.

Pada poster-poster sebelumnya, sudah ada template, dan ada sebagian orang yang menganggap bahwa poster UI terlalu mainstream.

“Kalau dibilang ada kesalahan sih nggak. Jadi kami nih bikin e poster untuk di sosial media itu memang sudah ada templatenya, stylenya. Ketika kami buat itu mungkin bagi sebagian orang ada saja yang beranggapan misalnya stylenya kok terlalu mainstream gitu ya,” katanya, Selasa 15 Juni 2021.

Karena itu, Amelita mengaku pihaknya mencoba membuat poster yang anti mainstream, setelah melalui perhitungan yang cukup matang.

“Nah jadi untuk yang sekarang ini kami sebenarnya sudah merencanakannya cukup lama nih, ada beberapa option gitu. Untuk sedikit tidak terlalu mainstream lah gitu mau keluar dari mainstream itu ya,” ujarnya.

Poster Mahasiswa Baru UI Berdasarkan Riset


Ia mengaku, sebelum menayangkan poster itu, pihaknya telah melakukan riset.

“Kami sudah memperhitungkan dengan elemen-elemen grafis, sudah kami pertimbangkan juga misalnya background awan yang ala-ala sinetron.”

Intinya, poster itu telah melalui serangkaian perencanaan yang cukup matang dan panjang.

“Ini prosesnya jauh lebih panjang daripada konten yang biasa kami buat lah ya, jadi untuk hal yang sebagian orang nggak dianggap serius itu, kami melakukan ini dengan serius, karena pasti ada tujuannya,” katanya.

Lebih lanjut Amelita tak memungkiri adanya risiko pro dan kontra terkait poster tersebut.

“Pro kontra pasti ada, karena kami memonitor kami ada media monitoring yang jalan ya, memang ada pakar-pakar lah ya yang biasa memberikan penjelasan ilmu sosial media.”

Amelita pun tak menampik ada tujuan tertentu terkait pembuatan poster ini. “Jadi kalau dibilang kita bikinnya nggak serius, ini dibikinnya serius dengan ada tujuan tertentu, itu yang bisa kami sampaikan,” katanya. (rul/*)

Editor: Zahrul Darmawan - DepokToday.com

Tags

Terkini

Inikah Jawaban TNI Polri Hadapi Tantangan Perang OPM?

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:00 WIB
X