Polemik Piala Dunia U-20, Hasto Kristiyanto Yakin Keputusan Jokowi Kirim Utusan ke FIFA Jadi Solusi Terbaik

- Rabu, 29 Maret 2023 | 19:51 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Dok. PDI Perjuangan)
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Dok. PDI Perjuangan)

Depoktoday.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto yakin keputusan Presiden Jokowi mengutus Erick Thohir bertemu petinggi FIFA menjadi solusi terbaik.

Hasto mengatakan, pihaknya mendoakan negosiasi yang dilakukan oleh PSSI terhadap induk sepak bola dunia yakni FIFA dapat menghasilkan hal yang positif.

"Apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam mencari solusi komprehensif dan PDI Perjuangan meyakini Presiden akan memgambil solusi terbaik, terbukti menugaskan Ketua Umum PSSI untuk melakukan lobby terhadap FIFA. Ini adalah satu kesatuan solusi sehingga kita tunggu dan doakan semoga membawa solusi terbaik," kata Hasto dalam keterangan tertulis dikutip pada Rabu, 29 Maret 2023.

Baca Juga: Laga Kedua Tuntas, Ini Susunan Klasemen Kualifikasi Piala Eropa 2024 Grup A-J, Siapa Saja yang di Puncak?

Hasto menegaskan, sudah saatnya semua pihak memetik pelajaran dari adanya dinamika penolakan terhadap Israel tersebut. Menurutnya, semua harus dilihat secara positif.

Adapun pelajaran yang dia dimaksud, pertama, tekad untuk membangun sepakbola Indonesia tidak akan pernah berhenti dan justru semakin berkobar. 

Kemudian, konsistensi sikap di dalam membela kemerdekaan Palestina secara penuh tetap menjadi sikap bangsa Indonesia dan pada saat bersamaan mengambil kepeloporan atau prakarsa bagi perdamaian antara Palestina dan Israel. 

"Sikap untuk mengutuk gerakan antikemanusiaan dari Israel yang terjadi atas bangsa Palestina harus terus dilakukan. Sebab politik, olahraga, dan pergaulan antarbangsa tidak bisa menafikan hal ini," tuturnya. 

Baca Juga: Bongkar Transaksi Janggal di Kemenkeu, Mahfud MD Malah Dibilang Cari Panggung Buat Nyapres di 2024

PDIP, kata Hasto, meyakini bahwa FIFA juga memahami seluruh aspirasi yang berkembang. Menurutnya, standar kemanusiaan untuk Rusia juga harus diterapkan bagi Israel.  

"Apa yang disampaikan oleh kader PDI Perjuangan disertai rasa cinta terhadap sepak bola, namun kami juga harus berdiri kokoh pada konstitusi, pada sejarah dan tekad agar melalui olah raga nilai-nilai kemanusiaan dikedepankan," katanya. 

Untuk itu, ia mendoakan agar semua pihak dan juga FIFA dapat mengambil keputusan secara bijak terkait permasalahan yang terjadi. 

"Seluruh pro dan kontra sudah dipahami oleh Pak Presiden dan kita harapkan hasil yang terbaik. Presiden sendiri sudah menegaskan bahwa penolakan terhadap keikutsertaan Israel telah diketahui FIFA," katanya. 

 

Editor: Khoirur Rozi

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus KPK Mampir di Kota Depok, Ada Apa Ya?

Minggu, 21 Mei 2023 | 18:47 WIB
X