Naik Tipe, Polres Depok Akan Tambah Enam Polsek

Peresmian Polres Metro Depok (Istimewa)

MARGONDA– Polres Kota Depok akhirnya resmi naik tipe menjadi Polres Metro Depok pada Jumat 3 Januari 2020. Seiring dengan perubahan tersebut, berbagai inovasi pun telah disiapkan, salah satunya adalah dengan rencana menambah jumlah Polisi Sektor atau Polsek.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Azis Andriansyah menuturkan, pihaknya juga harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya pembenahan sistemik dan pembenahan monumental.

“Walaupun kondisi saat ini jumlah personil sarana prasarana masih sama dengan polres kota, namun mulai sekarang kita sudah mulai menata untuk mempersiapkan diri memperbaiki sistem maupun monumentalnya,” kata dia

Beberapa point yang menjadi catatan dalam jangka pendek, yakni meminta penambahan personil, penambahan jumlah satuan sesuai dengan tingkat administrattif ditingkat kecamatan.

“Karena di Depok sendiri polseknya saat ini ada tujuh, tapi kecamatannya kalau ditambah dengan beberapa wilayah di Bojonggede ada lebih, maka hal-hal yang perlu disiapkan yaitu menambah jumlah polsek,” katanya

Adapun polsek yang akan ditambah yakni, Polsek Cilodong, Polsek Cipayung, Polsek Tapos, Polsek Tajur Halang, Polsek Bojongsari dan Polsek Cinere. Namun hal itu akan dilakukan secara bertahap karena harus disesuaikan dengan pembangunan kantor dan penyiapan lahan bangunan.

Sedangkan polsek yang sudah ada saat ini yaitu, Polsek Sukmajaya, Polsek Cimanggis, Polsek Cinere, Polsek Beji, Polsek Cimanggis, Polsek Sawangan, Polsek Pancoran Mas dan Polsek Bojonggede.

“Tapi sambil menunggu itu dipenuhi kita tentu akan memperbaiki setidaknya kinerja dan etos kerja, artinya pelayanan yang semakin mudah akan terus kita buat kita ciptakan, diantaranya akan membuat aplikasi yang bisa memacu kinerja yang saat ini bisa lebih responsif lagi.”

Azis memaparkan, aplikasi berbasis digital yang diberi nama Patroli itu akan berkolaborasi dengan layanan IT yang sudah ada saat ini, yaitu Hallo Polisi dan Panic Button.

“Aplikasi elektronik Patroli ini digunakan untuk mengkoordinir atau memanage bagaimana cara patroli yang tepat sasaran yang dilakukan oleh anak buah, termasuk posisinya ada dimana, termasuk responnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Itu salah satunya,” ujarnya

Perubahan tipe tersebut diresmikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Komisaris Jenderal Gatot Eddy, dan disaksikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Israk Mikroj dan sejumlah pejabat lokal lainnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here