Mulai Kini Coba 7 Kebiasaan Baik yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)
ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

DepokToday – Bagi orang yang sulit tidur, berusaha tidur nyenyak di waktu malam mungkin jadi pekerjaan yang terkadang membuat frustasi. Nah, mereka harus mencoba sejumlah kebiasaan ini.

Tidur nyenyak ketika malam hari merupakan salah satu hal penting untuk kesehatan tubuh. Tidur yang nyenyak juga dapat menjadi cara kita lebih produktif di pagi hari.

Seperti disitat dari Kompas.com, sejumlah cara ini bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas tidur kalian:

1.Memiliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Kita semua memiliki kehidupan yang sibuk dan sering kali sulit untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Konon, menjaga jadwal tidur dan bangun yang konsisten adalah rekomendasi nomor satu dari banyak ahli tidur.

“Sangat penting untuk menjaga ritme sirkadian tetap sinkron dan bahkan harus dilakukan di akhir pekan,” kata spesialis tidur di Los Angeles dan pendiri The Sleep Doctor, Michael J. Breus, PhD.

Jika jadwal tidur kita saat ini tidak menentu, cara terbaik untuk mulai menuju pola yang konsisten dan sehat adalah dengan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Dengan begitu, tubuh kita secara bertahap dapat menyesuaikan diri dan akan mengantuk pada waktu yang sama setiap malam. Dengna begitu tidur akan lebih nyenyak

2.Mendapatkan paparan sinar matahari

Dalam bukunya “Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams”, seorang profesor sekaligus direktur Sleep and Neuroimaging Lab UC Berkeley, Matthew Walker, PhD, menjelaskan bahwa pagi hari adalah kunci untuk mengatur pola tidur harian.

Dia merekomendasikan agar semua orang pergi ke luar setidaknya selama 30 menit untuk mendapatkan cahaya alami matahari setiap hari.

3.Matikan gadget

Jika kita ingin tidur lebih nyenyak dan lebih sedikit pikiran yang berkecamuk setelah lampu padam, kita perlu mematikan gadget seperti ponsel, TV, komputer, dan tablet setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

“Blue light biasanya merangsang otak dan membuat kita tetap waspada, jadi saya menyarankan orang-orang untuk mematikan layar mereka lebih awal,” terang Breus.

Apabila kita harus menggunakan gadget di malam hari, Breus merekomendasikan untuk menggunakan kacamata pemblokir blue light untuk menyaring beberapa cahaya yang menyebabkan kita terjaga.

4.Berolahraga setiap hari

Kita tahu bahwa berolahraga baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama jika berolahraga di pagi hari.

“Olahraga malam juga tidak masalah, tetapi sebaiknya lakukanlah dua hingga empat jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mendinginkan diri sebelum tidur,” ungkap Breus.

Tidur Siang yang Tepat Bantu Tidur Nyenyak di Malam Hari

5.Hindari tidur siang setelah jam tiga sore

Jika kita mendapatkan tidur malam yang buruk, tidur siang untuk menghilangkan rasa kantuk tentu bisa membantu.

Sayangnya, tidur siang yang mendekati sore hari justru dapat membuat kita lebih sulit tidur di malam hari. Maka dari itu, ketika kita tidak bisa tidur siang sebelum jam tiga sore, sebaiknya kita tidur lebih awal di malam hari.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Minta Pemilik Rental Mobil Kerjasama Dengan Polisi

6.Jangan mengonsumsi alkohol atau kafein sebelum tidur

Tentu, satu atau dua gelas alkohol mungkin memberi kita rasa kantuk yang menenangkan. Tetapi begitu efeknya hilang, kita mungkin terbangun dengan keringat, sakit kepala, atau keinginan untuk buang air kecil.

Alkohol memang membantu mendorong mekanisme yang membuat kita mengantuk pada awalnya. Tetapi, ini biasanya tidak bertahan lama dan dapat mengganggu tidur REM.

Di sisi lain, kopi, cokelat, teh tertentu, dan soft drink juga merupakan stimulan yang dapat bertahan di sistem tubuh kita hingga delapan jam.

7.Jangan berbaring di tempat tidur jika tidak bisa tidur

Ini adalah aturan rumit yang berakar pada psikologi. Jika kita sudah berada di tempat tidur selama lebih dari 30 menit dan tidak bisa tertidur, jangan terus-menerus berbaring.

Sebaliknya, kita harus bangun dan melakukan sesuatu yang menenangkan seperti membaca buku, menulis jurnal, peregangan ringan, atau bermeditasi. Tapi, jangan memainkan gadget. (lala/*)