Mulai Agustus, Pengendara Moge Tak Boleh Pakai SIM C

Ilustrasi SIM C (Istimewa)
Ilustrasi SIM C (Istimewa)

JAKARTA- Pengendara motor gede (moge) dengan kapasitas di atas 500 Cc tak boleh lagi menggunakan Surat Izin Mengemudi atau SIM dengan golongan C. Keputusan itu bakal mulai berlaku pada Agustus 2021.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Korps Lalu Lintas Polri akan menerapkan penggolongan SIM mulai dari C, CI dan CII.

Seluruh penggolongan tersebut diklasifikasikan berdasarkan kubikasi mesin kendaraan yang dimiliki, atau sedang dikendarai di jalan raya.

Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman menyebut, peraturan penggolongan SIM mulai diberlakukan pada Agustus 2021. Dengan aturan baru yang telah diundangkan pada Februari 2021.

Baca Juga: Bagikan Tips Isoman, Dokter Reisa: Isolasi Mandiri, Sembuh Tidak Harus Sendiri

Sebagai produk baru seperti Undang-undang lainnya, setiap produk perundangan baru diperlukan masa sosialisasi selama 6 bulan.

Waktu tersebut juga digunakan untuk persiapan sarana dan prasarana di Satpas.

“Masa sosialisasi penggolongan SIM 6 bulan dan kita jadikan sebagai persiapan sarana dan prasarana bagi petugas di Satpas. Target kita di bulan Agustus aturan ini sudah bisa kita implementasikan,” katanya dikutip melalui channel youtube NTMC, Selasa 13 Juli 2021.

Dasar Hukum Penggolongan SIM C

Penggolongan SIM sepeda motor menjadi 3 jenis, tertuang dalam Peraturan Kepolisan (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

Beleid ini sudah terbit dan ditandatangani pada 19 Februari 2021 lalu. (rul/*)