Mudahnya Perpanjang Masa Berlaku SIM di Depok Town Square

SIM C dengan design baru.(Foto: DepokToday/Ara)

SEJAK diresmikan pada 3 Desember 2019, Satpas 1221 Polresta Depok khusus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mal Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, banyak diminati pengunjung.

Seperti yang terlihat pada Senin (16/12/2019). Pemohon perpanjangan SIM membludak. DepokToday pun termasuk salah satu di antaranya.

DepokToday datang di lokasi gerai yang berada di unit FB 10 lantai 1 Detos itu sekira pukul 10:15.

Sebelum masuk ke ruangan proses SIM, pemohon akan diarahkan untuk cek kesehatan yang lokasinya berada tak jauh dari gerai utama.

Di tempat ini, pemohon SIM akan diperiksa tensi darah, berat badan, tinggi badan dan tes buta warna atau huruf/angka totol. Ada dua petugas medis yang akan memeriksa kondisi kesehatan kita.

SIM asli kita akan diminta untuk pengisian data surat keterangan sehat. Untuk cek kesehatan ini, pemohon SIM dikenakan tarif Rp35 ribu. Setelah mendapat surat keterangan sehat. Proses lanjutnya adalah masuk ke ruangan gerai utama.

Sebaiknya, pemohon SIM mempersiapkan fotocopy KTP satu lembar karena akan diserahkan kepada petugas di meja pendaftaran bersama dengan surat keterangan sehat dan SIM asli.

Di meja pendaftaran ini, kita akan membayar Rp105.000 untuk biaya perpanjangan SIM C. Kebetulan DepokToday memperpanjang masa berlaku SIM untuk kendaraan roda dua itu.

Setelah membayar, kita diwajibkan mengisi form warna biru tentang data diri dan jenis permohonan SIM. Setelah selesai diisi, kemudian form tersebut diserahkan ke petugas loket 1 untuk pendataan. Barulah kita dapat mengambil nomor antrian untuk proses pengambilan foto.

DepokToday mendapat nomor antrian puluhan. Posisi waktu menunjukkan sekira pukul 10:30 WIB. Di momen seperti inilah, kita harus bersabar karena menunggu giliran.

Setelah menunggu sekira 1 jam, giliran DepokToday dipanggil untuk proses foto. Di loket 4 ini, petugas mengidentifikasi ulang data pribadi kita mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, pekerjaan sampai sidik jari.

Setelah prosesnya selesai. Tinggal lah kita menunggu waktu pengambilan SIM. Pengambilan SIM tidak dikenakan biaya lagi. Total untuk perpanjangan SIM C yang dialami DepokToday sebesar Rp140 ribu.(ara)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here