Mudah Banget, Ini 3 Cara Masak Mie Instan Agar Lebih Sehat dan Nikmat

Memasak mie instan: (foto: Istimewa)
Memasak mie instan: (foto: Istimewa)

DepokToday – Mengkonsumsi mie instan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan bagi kebanyakan orang Indonesia. Apalagi baru-baru ini, mie instan kenamaan Indonesia yaitu Indomie didapuk jadi produk terbaik dunia versi LA Times.

Cara pembuatan yang mudah, harga yang tidak mahal dan tentunya rasa yang enak membuat mie instan juga mampu jadi pilihan makanan bagi mereka yang kepepet.

Tapi, tentunya tidak boleh juga terlalu banyak mengkonsumsi kudapan ini. Sebab, sudah jadi rahasia umum jika Indomie mampu mempengaruhi kesehatan ketika dimakan setiap hari.

Melansir dari Kompas.com, mie instan memiliki nutrisi yang rendah, karena itu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari.

Selain itu, mi instan juga rendah akan protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan kalium.

Kandungan sodium yang tinggi dinilai dapat meyebabkan risiko kanker perut, jantung, dan stroke. Tapi, sejumlah cara ini bisa dilakukan untuk membuat makan ini memiliki nilai gizi yang lebih.

Baca Juga: [Update] BOR Rumah Sakit di Kota Depok, Rabu 1 September 2021, Tersedia 982 Bed

1.Menambahkan sayur segar

Memasak mi instan dengan menambahkan sayur segar seperti sawi, selada, pok choy, atau wortel disebut dapat meningkatkan nilai gizi.

Sayuran di atas diketahui dapat menambah beberapa nutrisi penting seperti potasium, serat makanan, folat, vitamin A, dan vitamin C.

2.Menambahkan protein

Penggemar mi instan dapat menambahkan protein pilihan ketika memasak makanan ini. Dengan memasukkan telur rebus atau telur goreng, Anda juga bisa memberikan irisan daging sapi atau ayam tanpa lemak.

3.Buang sebagian bumbu

Kadar natrium yang tinggi pada mi instan terletak pada bumbunya. Agar lebih sehat, kurangi penggunaan bumbu.

Anda bisa menambahkan bahan alami seperti minyak wijen, kecap ikan, atau kecap manis untuk menambahkan rasa.

Nah 3 hal yang gampang dilakukan itu mungkin bisa menjadi cara agar memakan mie instan membuat kita nggak khawatir dengan nilai gizi di dalamnya. (lala/*)