Mitos atau Fakta? Mengkonsumsi Vitamin Bersamaan Dapat Merusak Ginjal

Ilustrasi mengkonsumsi vitamin. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi mengkonsumsi vitamin. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Selain menjaga makanan dan olahraga yang rutin, penting rasanya untuk mengkonsumsi vitamin. Namun, ada pandangan yang berpendapat, jika mengonsumsi vitamin dalam waktu bersamaan dapat merusak ginjal dan hati.

Menurut apoteker Tekla Rosa Oktivia, S.Farm, tidak ada larangan mengkonsumsi beberapa jenis vitamin secara bersamaan. Misalnya vitamin C siap minum yang dikonsumsi bersama vitamin D.

“Jawabannya boleh vitamin C bisa dikonsumsi dengan beberapa vitamin yang lain,” ujar Tekla dilansir dari Suara.com.

Namun Tekla mengingatkan untuk kadar vitamin C dosis tinggi, untuk diberikan jeda waktu untuk konsumsi karena akan membebani kinerja ginjal.

“Kalau konsumsi vitamin C dosis tinggi disarankan untuk memberi jeda misalnya, satu sampai 2 jam, satunya pagi satunya siang,” tutur Tekla.

Adapun rerata kebutuhan vitamin C harian orang dewasa yakni 500mg. Namun apabila satu dosis vitamin C 500mg maka beri jeda waktu mengkonsumsi vitamin di pagi dan sore hari.

Baca Juga: Lebihi Target, Segini Capaian Uji Emisi Kendaraan di Kota Depok

Tapi terkhusus untuk vitamin D, kata Tekla, ada obat yang sebaiknya dihindari dikonsumsi bersamaan, yakni obat maag atau obat antasida.

Ini karena saat dikonsumsi secara bersamaan, obat maag tersebut bisa menghambat penyerapan vitamin D.

Baca Juga: Baik Dilakukan Secara Rutin, Ini 4 Manfaat Gerakan Plank untuk Tubuh

“Obat ini bukan tidak boleh, tapi lebih baik di beri waktu jeda dengan obat maag, bahwa vitamin D harus dikonsumsi setelah makan, terutama makanan yang mengandung lemak, idealnya bersama dengan makan besar,” pungkas Tekla. (lala/*)