Miss V Sering Gatal Pada Malam Hari, 4 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Ilustrasi Miss V (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Miss V (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kondisi miss v yang terasa gatal menjadi hal yang tidak menyenangkan untuk wanita yang merasakannya. Bahkan vagina dapat gatal dan terasa lebih parah pada malam hari.

Tentunya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan vabgian terasa gatal. Melansir dari Suara.com, jika memang rasa gatalnya sudah sangat mengganggu, ada baikanya Anda segera menemui dokter.

Apalagi ketika rasa gatal itu juga dibarangi dengan nyeri panggul atau keputihan yang tidak normal atau jika gatal berlangsung lebih dari beberapa hari.

Dilansir dari Healthshots, Dr Swati Gaikwad, konsultan dokter kandungan dan kandungan, Motherhood Hospital, Pune, India menjelaskan mengapa vagina gatal di malam hari.

1.Infeksi ragi

Selain infeksi menular seksual (IMS) dan trikomoniasis, infeksi ragi juga dapat menyebabkan Miss V gatal.

Vagina cenderung memiliki jamur alami yang disebut Candida yang biasanya tidak membahayakan. Tapi, itu bisa mengundang infeksi jamur ketika perubahan lingkungan memungkinkannya tumbuh di luar kendali.

Baca Juga: Peringatan untuk Indonesia, Malaysia Temukan Pasien Varian Delta AY.4.2

2.Vaginosis bakterial

Ini adalah jenis infeksi vagina yang paling umum yang dihadapi wanita dan menyebabkan gatal pada vulva.

3.Penggunaan produk kimia

Alergen dan iritan pada bahan kimia untuk miss v pun dapat menyebabkan gatal pada vulva. Hindari penggunaan parfum, bedak talek, pelumas, bubble bat, panty liner, sabun kimia, parfum, dan celana dalam berbahan nilon.

4.Psoriasis

Ini adalah kondisi autoimun yang menyebabkan bercak kering, nyeri, dan gatal pada vulva dan daerah sekitarnya. (lala/*)