Meskipun Lagi Corona, Pasien BPJS ini Dapat Layanan Cuci Darah

Suwarjan, warga Tanah Baru, Kecamatan Beji.(Istimewa)

TANAH BARU-Suwarjan, warga Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, mendapatkan pelayanan cuci darah di sebuah rumah sakit meskipun kondisi saat ini tengah pandemi Corona.

Suwarjan merupakan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang didiagnosa gagal ginjal.

Mulanya ia khawatir jika pelayanan rumah sakit tidak maksimal lantaran fokus menangani Corona.

Awalnya saya bingung karena dimasa pandemi virus Covid-19 rasanya sulit mendapatkan pelayanan,” katanya kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Namun setelah dijalani, Suwarjan merasa senang karena bisa mendapatkan dengan baik di rumah sakit itu.

Ia pun berpesan, bagi penderita gagal ginjal jangan putus asa karena pemerintah saat ini telah menanggung penuh biaya cuci darah pasien gagal ginjal bagi para peserta Jaminan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) atau BPJS.

“Memang cuci darah menjadi pilihan terakhir dan bagi penderita gagal ginjal bisa sembuh tentunya mengilkuti anjuran dokter dari pola makan,” jelasnya.

Saat ini kondisi Suwarjan sudah mulai membaik, dan dia disarankan oleh dokter rumah sakit untuk melakukan cuci darah seminggu dua kali.

“Saya berharap dapat melakukan cuci darah di Rumah Sakit Hermina setelah cuci darah pertama kalinya karena pelayanan dan perawatan Rumah Sakit Hermina Depok sangat baik dan profesional,” ucapnya.

Sebagai seorang pasien cuci darah, dia juga berpesan kepada pasien cuci darah lainnya agar dapat menerima dengan ikhlas.

“Kita tidak perlu banyak pikiran serta tidak boleh putus asa dengan kondisi kesehatan yang dialami. Memang tidak bisa dipungkiri, kadang ada rasa lelah. Tapi kalau saya, yang saya ingat adalah keluarga. Itu jadi semangat buat saya untuk terus bertahan menjalani cuci darah ini,” ungkapnya.

(hen)