Merinding, Kobra Sepanjang Dua Meter Bersarang di Pemukiman Warga

Petugas DPKP dan Tagana Kota Depok amankan ular kobra di kawasan Cilodong (Istimewa)

CILODONG– Warga di kawasan Jalan Eres 1, RT 2/3, Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat, digemparkan dengan munculnya ular jenis Kobra Jawa.

Tak ingin ambil resiko, warga kemudian melaporkan kasus itu ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok. Dan tak butuh waktu lama, petugas dibantu Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana), akhirnya menemukan tiga ular berbahaya itu di sebuah lahan kosong yang diduga sebagai sarangnya pada Senin, 5 Oktober 2020.

Hendra, anggota Tagana Depok mengatakan, ular yang memiliki nama latin Naja Sputatrix itu diketahui keberadaannya dari bekas kulit yang di temukan di sekitar lokasi kejadian, dekat pemukiman warga.

“Jadi awalnya kita dapat laporan dari warga terus kita cari dan ditemuin kulit ular, terus sebelumnya juga warga ada yang melihat ular jenis kobra di sekitar situ,” katanya saat dikonfirmasi tadi sore

Setelah dikorek dengan alat khusus, ditemukan ada tiga ular dari dalam lubang tersebut. Satu di antaranya diyakini sebagai induk ular dengan ukuran sepanjang sekira 2 meter, sedangkan dua ular lainnya diperkirakan anakan dengan panjang hanya sekira 30 cm.

“Ini jenis Kobra Jawa, yang satu indukan panjangnya dua meter-an,” jelasnya

Oleh petugas, tiga ular ini pun akhirnya diamankan untuk selanjutnya di lepas liarkan di habitat yang jauh dari pemukiman warga.

“Ya kami imbau warga untuk tetap waspada, jika nantinya melihat atau pun mengetahui keberadaan ular segera hubungi petugas terdekat,” kata Kabid Penanggulangan Bencana pada DPKP Kota Depok, Denni Romulo. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here