Mentimun Cocok untuk Obati Penderita Asam Urat, Ini Sederet Manfaatnya

Ilustrasi mentimun (Istimewa)
Ilustrasi mentimun (Istimewa)

DepokTodayMentimun seringkali dianggap sebagai buah yang cocok untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan tekanan darah. Bahkan, mentimun bisa dijadikan makanan yang cocok untuk obati penderita asam urat.

Mengutip dari berbagai sumber, penderita asam urat tidak boleh makan makanan sembarangan, terlebih makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Seperti layaknya jeroan, makanan laut, atau daging merah. Bahkan, sebagian jenis sayuran yang memiliki kadar purin.

Kadar purin merupakan molekul yang terbentuk dari atom karbon dan nitrogen. Molekul ini bisa ditemukan di sel-sel semua makhluk hidup, Ketika purin endogen dan eksogen diproses oleh tubuh, produk sampingannya adalah asam urat. Biasanya, sekitar 90 persen asam urat bisa diserap kembali oleh tubuh dan sisanya dibuang lewat urin dan kotoran

Berikut manfaat mengonsumsi mentimun yang dapat obati penderita asam urat:

Baca Juga: Begini Video Pasukan Taliban Kuasai Istana Presiden Afghanistan

1.Atasi peradangan

Penyebab utama datangnya serangan asam urat adalah munculnya peradangan di persendian akibat kristal asam urat yang terus menumpuk. Nah, kandungan yang ada di dalam mentimun bisa mengatasi peradangan tersebut sehingga bisa mencegah dan menurunkan serangan asam urat secara efektif.

2.Rendah kandungan purin

Mentimun termasuk dalam sayuran yang memiliki kadar purin yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Di dalam 100 gram mentimun hanya memiliki 7,3 miligram purin. Mengonsumsinya setiap hari tentu tidak akan memberikan dampak bagi risiko terkena serangan asam urat di persendian.

3.Membantu mengendalikan berat badan tubuh

Berat badan berlebih ternyata bisa meningkatkan risiko terkena serangan asam urat. Jika penderita penyakit ini mampu menjaga berat badannya tetap ideal, maka risiko ini bisa diturunkan. Di dalam mentimun terdapat kandungan serat sebanyak 0,65 gram untuk setiap 100 gramnya. Rutin mengonsumsinya pun bisa membantu mengendalikan berat badan.

4.Mencegah dehidrasi

Salah satu penyebab utama datangnya serangan asam urat di persendian adalah dehidrasi atau kebiasaan tidak mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Dengan rajin makan mentimun, maka kita pun bisa menambah asupan cairan tubuh mengingat tingginya kadar air di dalam sayuran ini.

5.Dapat menurunkan kadar asam urat

Mentimun tinggi kandungan vitamin C. Kandungan ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh dengan efektif sehingga akan mencegah datangnya serangan asam urat. (lala/*)