Menteri PUPR: Dua Gedung Lagi di Asrama Haji Dibuka Untuk COVID-19

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat konferensi pers virtual, Senin 12 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat konferensi pers virtual, Senin 12 Juli 2021. Foto: Tangkapan layar akun youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, sesuai jadawal hari ini dibuka lagi dua gedung di Asrama Haji Pondok Gede sebagai RS Darurat COVID-19.

“Gedung C dan H (Asrama Haji Pondok Gede) selesai dan siap dioperasikan hari Selasa,” kata Basuki dalam konferensi pers virtual Senin 12 Juli 2021.

Dengan dioperasikannya gedung C dan H, maka total gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang digunakan sebagai RS Darurat COVID-19 sudah sebanyak 4 gedung.

“Gedung A sudah dioperasikan sejak Sabtu, dan gedung B pada hari Senin sore,” katanya.

Basuki mengatakan, hanya tersisa satu gedung lagi yakni gedung D5 yang masih dalam pengerjaan, dan diperkirakan baru selesai pada hari Kamis mendatang.

“Gedung D5 agak parah renovasinya, diharapkan akan selesai hari Kamis nanti siap dioperasikan,” kata dia.

Baca Juga: Menteri PUPR Percepat Pengerjaan Tiga Rumah Sakit Darurat COVID-19

Basuki menambahkan, jika dapat beroperasi secara keseluruhan total tempat tidur di RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Pondok Gede mencapai 774 tempat tidur.

“Jadi masing-masing ruangan yang biasanya dipakai 4 tempat tidur kita jadikan 3 tempat tidur setiap kamar, totalnya ada 774 tempat tidur,” kata Basuki.

Dia menambahkan, RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Pondok Gede ini tidak hanya bisa menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas, karena selain tempatnya terbatas juga digedung tersebut tidak disediakan ruang ICU hanya HCU.

“Rumah Sakit ini hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas, tidak bisa langsung kesana tanpa rujukan karena ini hanya ringan sampai sedang. Disana tidak ada ICU yang ada hanya HCU,” kata Basuki.

Lebih jauh Basuki mengatakan, selain menyiapkan ruangan di Asrama Haji Pondok Gede, sebagai persiapan sebagai RS Darurat COVID-19, pihaknya juga menyiapkan alat kesehatannya berupa tabung oksigen.

“Disamping menyiapkan ruangan, kami juga menginstal tangki likuid oksigen. Mudah-mudahan (Senin) malam ini bisa selesai,” kata Basuki. (ade/*)