Menguak Strategi TPNPB OPM Ladeni Perang Hutan Belantara TNI

Ilustrasi TPNPB OPM sedang diburu TNI di hutan Papua. (Istimewa)
Ilustrasi TPNPB OPM sedang diburu TNI di hutan Papua. (Istimewa)

DepokToday- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) atau OPM sedang berupaya keras meladeni serbuan TNI. Berbagai trik telah dilakukan oleh pasukan separatis tersebut, seperti menghambat akses masuk aparat.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, TPNPB OPM bahkan secara terang-terangan membocorkan siasat dan trik mereka untuk menghalangi pasukan TNI-Polri.

Triknya yaitu dengan memutus jembatan dan memanfaatkan pohon supaya kendaraan militer TNI Polri tak bisa mengakses wilayah atau markas mereka.

“Pasukan TPNPB telah kasih putus jembatan menggunakan sensor, juga mereka tumbangi pohon di jalan untuk halangi pasukan TNI Polri. Akhirnya pasukan TNI Polri masuk Wilayah TPNPB-OPM melalui jalan Kaki,” ucap Juru Bicara TPNPB OPM, Sebby Sambon dikutip pada Selasa 7 September 2021.

Dengan percaya diri, TPNPB pun mengaku siap meladeni serbuan dari pasukan TNI Polri. Kelompok ini mengklaim sanggup mempertahankan diri dari serangan aparat tersebut.

TPNPB OPM Diburu TNI

Dalam rilisnya, TPNPB OPM menuding aparat TNI Polri sengaja membakari rumah penduduk lokal. Dampaknya, banyak penduduk lokal berpindah ke hutan mencari tempat yang aman.

“Akibatnya penduduk lokal mengungsi ke hutan. Pengungsian ini terjadi di wilayah konflik bersenjata (non internasional armed war conflict areas) di Papua. Ini krisis kemanusiaan yang serius, karena ribuan masyarakat lokal mengungsi ke hutan-hutan,” katanya.

Lihat Juga: Video Rombongan Pasukan TNI Kembali Diserang OPM, Begini Endingnya  

Pengungsian ini, lanjut dia, terjadi di wilayah Nduga, Intan Jaya, Puncak Papua, Pegunungan Bintang, Yahukimo dan sekarang di Maybrat Sorong selatan.

Dengan melihat situasi ini, TPNPB OPM desak PBB untuk intervensi pasukan perdamaian PBB ke Papua Barat. Penduduk lokal memohon agar mereka mendapatkan keselamatan.

“Kami memohon dan meminta agar anggota TNI Polri, jangan masuk kepung kami, di kampung-kampung kami hingga dikejar-kejar tetapi kejar Tentara TPNPB ke hutan-hutan agar kampung-kampung kami aman bahkan rakyat sipil pribumi yang tinggal juga aman,” kata salah satu pengungsi warga Maybrat. (rul/*)