Menguak Jejak Tri Brata Depok, Abdi Negara untuk Rakyat

Aksi sosial jajaran Polres Metro Depok (istimewa)

MARGONDA- Polres Metro Depok dan jajaran sedikitnya telah menyebar lebih dari tujuh ton beras, berikut paket sembako untuk warga terdampak Covid-19 di kota tersebut. Aksi sosial ini dilakukan secara rutin, dan bahkan menyasar hingga ke pelosok kampung.

Jarum jam kala itu menunjukan sekira pukul 11:00 WIB. Sejumlah motor trail berwarna hitam bertuliskan polisi tampak berjejer gagah di pelataran Polres Metro Depok. Dari barisan pasukan Tri Brata itu, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah tampak paling mencolok lantaran berada digaris depan.

Polres Depok (istimewa)

Siang itu, rupanya sang Kapolres untuk kesekian kalinya memimpin langsung pembagian sembako kepada warga terdampak Covid-19. “Kalian siap,” kata Azis memberi komando, dikutip pada Selasa 19 Mei 2020

Kali ini, sasaran Azis adalah wilayah di Kecamatan Sukmajaya hingga Sawangan. Sepeda motor yang ditunggangi Azis pun meluncur paling depan, diikuti sejumlah perwira dan beberapa pasukan. Dengan cekatan, mereka  memacu kendaraan itu keluar masuk gang, hingga ke area perkampungan.

Alhasil, rombongan ini pun jadi pusat perhatian warga yang dilintasi. Tak berapa lama, iring-iringan tersebut akhirnya mulai berhenti di lokasi yang dituju. Kehadiran mereka langsung disambut senyum warga setempat.

Dari kejauhan, beberapa warga rupanya sudah menebak, jika dus yang digotong sejumlah petugas berseragam cokelat itu berisi sembako. “Alhamdulillah, terimakasih bapak,” kata seorang wanita dengan mata berkaca-kaca

Wakapolres Metro Depok AKBP Herri Setyo Budi (Istimewa)

Setelah sempat berbicang dan mendengar keluh kesah sejumlah warga, rombongan pun kembali tancap gas. Bagi Azis, tak perlu menunggu banyak waktu untuk berbuat baik. Dirinya hanya bisa berharap, warga bisa lebih bersabar dalam mengahadapi musibah ini.

“Kita berharap mereka ikut memberikan kesadaran, karena sekarang subjek dan objek memutus virus adalah masyarakat itu sendiri. Ini adalah tugas kita bersama,” katanya (rul/*)