Mengenang K.H. Mukhlis Effendi, Jatuh Bangun Mendirikan Media

K.H. Mukhlis Effendi.(Foto: Istimewa)
K.H. Mukhlis Effendi.(Foto: Istimewa)

DEPOK—Innalillahi wa innailaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, K.H. Mukhlis Effendi, salah satu tokoh masyarakat di Kota Depok.

Kiai atau Haji Mukhlis—sapaan akrabnya—menghembuskan nafas terakhir pada usia 38 tahun di rumah sakit kawasan Kabupaten Bogor, Selasa siang, 13 Juli 2021.

Kabar duka ini sontak mengejutkan orang-orang yang mengenal beliau. Semasa hidup, Kiai Mukhlis memang mudah bergaul dan tidak pernah menjaga jarak dengan siapa pun, baik orang yang baru dikenalnya maupun orang lama. Semua dirangkulnya tanpa memandang status sosial.

Pria kelahiran 31 Maret 1983 itu juga aktif berorganisasi. Kiai Mukhlis pernah terjun ke dunia politik praktis sebagai calon anggota legislatif [caleg] DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Barat VI pada Pileg 2019 dari Partai Gerindra.

Kiai Mukhlis sejatinya adalah seorang pengusaha. Tapi selain berbisnis, profesi yang ditekuni Kiai Mukhlis sampai ia wafat adalah pengacara.

K.H. Mukhlis Effendi (tiga kanan) menerima surat keputusan sebagai Ketua Divisi Hukum dan Advokasi LD PBNU.(Foto: Istimewa)
K.H. Mukhlis Effendi (tiga kanan) menerima surat keputusan sebagai Ketua Divisi Hukum dan Advokasi LD PBNU.(Foto: Istimewa)

Karirnya sebagai pengacara melesat setelah Kiai Mukhlis dipercaya menjabat Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama [LD PBNU].

Mukhlis Effendi (jas biru) resmi ditunjuk sebagai Ketua DPC Peradi Depok (Istimewa)
Mukhlis Effendi (jas biru) resmi ditunjuk sebagai Ketua DPC Peradi Depok (Istimewa)

Tidak hanya itu, dia percaya pula untuk menjabat Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Depok masa bakti 2020-2024.

Puncaknya, Kiai Mukhlis mendapat kesempatan mengikuti pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers [ToT] serta pembinaan dan pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan [Taplai] secara virtual yang diselenggarakan Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia [Debidtaplai Lemhannas RI].

K.H. Mukhlis Effendi (tiga kanan) foto bersama rekan satu angkatan Taplai Lemhannas 2020.(Foto: Istimewa)
K.H. Mukhlis Effendi (tiga kanan) foto bersama rekan satu angkatan Taplai Lemhannas 2020.(Foto: Istimewa)

Ia dinyatakan lulus pada pelatihan yang dimulai pada 14 September 2020 dan ditutup tanggal 7 Desember 2020 itu.

Punya Media

Di samping kesibukannya menjadi pengusaha dan pengacara, Kiai Mukhlis merupakan salah satu pendiri media online www.depoktoday.com [DepokToday].

DIBACA JUGA: Kabar Duka, Pendiri DepokToday Mukhlis Effendi Tutup Usia

DepokToday sebenarnya bukanlah media online pertama yang dibangun Kiai Mukhlis. Sebelumnya ia juga membangun media bernama kondeonline.com, yang merupakan situs berita digital dari Harian Koran Depok [KonDe].

Saat itu, Kiai Mukhlis mengambil alih Koran Depok setelah tak lagi dimiliki Eddy Faisal dan sempat diasuh pula oleh aktivis LSM di Kota Depok, Kasno.

“Dibelinya” KonDe oleh Kiai Mukhlis berkat kedekatan beliau dengan salah satu wartawan KonDe, Zahrul Damawan, yang di kemudian hari bersama-sama mendirikan DepokToday.

“Saya memang senang dengan media, karena saya dekat juga dengan teman-teman wartawan,” kata Kiai Mukhlis saat resmi meminang KonDe.

Sejarah DepokToday

DepokToday dirintis oleh tiga orang, Zahrul Darmawan, Tidar Aira, dan K.H. Mukhlis Effendi.

Perencanaan awal, ketiga inisiator itu melakukan pembahasan di rumah makan kawasan Margonda, Beji, Kota Depok, bulan Agustus 2019.

Di tempat ini, tercetuslah nama DepokToday yang diusulkan Zahrul Darmawan. Nama sudah ada, langkah selanjutnya mencari model design untuk tampilan website DepokToday, termasuk logo dan brandingnya. Lempengan ini adalah tugas Tidar Aira.

Logo depoktoday
Logo awal DepokToday.(Istimewa)

Logo awal pun disepakati yakni DT dengan warna oranye dipadukan warna abu-abu tua. Urusan tampilan website dan IT diserahkan sepenuhnya kepada Dennis.

Terakhir tinggal mencari Sumber Daya Manusia [SDM] untuk mengisi posisi reporter. Awalnya personel yang akan memperkuat DepokToday adalah sejumlah pewarta senior di Kota Depok.

Namun seiring berjalannya waktu, DepokToday akhirnya hanya dibesut oleh dua orang, Zahrul Darmawan dan Tidar Aira, sejak dapat diakses publik pada 5 Oktober 2019. Kini personel DepokToday sudah bertambah.

BERGABUNG DENGAN HOPS MEDIA

Tak lama setelah merayakan HUT pertamanya [5 Oktober 2020], depoktoday.com menjalin kerjasama dengan Hops Media Grup.

Hubungan bilateral ini mencapai kesepakatan pada akhir Oktober 2020. Dan pada 4 November 2020, alamat website tidak hanya depoktoday.com. Tapi bisa diakses pula di alamat depoktoday.hops.id.

AKUISISI

Pada 8 Februari 2021, Hops Media Grup akhirnya mengakuisisi DepokToday setelah perwakilan mereka melakukan pertemuan dengan K.H. Mukhlis Effendi di kawasan Sukmajaya.

Pertemuan petinggi hops.id dengan K.H. Mukhlis di kawasan Sukmajaya.(Foto: Dok. DepokToday)
Pertemuan petinggi hops.id dengan K.H. Mukhlis di kawasan Sukmajaya.(Foto: Dok. DepokToday)

Komposisi saham kepemilikan berikut struktural depoktoday.com juga ikut berubah. Perubahan struktural terjadi pada posisi pemimpin umum, pemimpin perusahaan, dan redaksi.

K.H. Mukhlis Effendi yang mulanya menjadi pemimpin umum, diplot sebagai dewan penasehat.

Sementara struktural di keredaksian DepokToday ikut berubah. Hadi Suprapto selaku Chief Content Officer hops.id menjabat sebagai Pemimpin Redaksi, dan  Zahrul Darmawan sebagai Redaktur Pelaksana.

Logo baru DepokToday.(Foto: Istimewa)
Logo baru DepokToday.(Foto: Istimewa)

Sementara branding turut mengalami perubahan. Logo baru depoktoday.com saat ini memiliki peta wilayah Kota Depok sebagai latar belakang tulisan Depok.

Meskipun Kiai Mukhlis telah tiada, pergi meninggalkan dunia yang fana ini untuk selama-lamanya, tapi DepokToday harus tetap ada memenuhi kebutuhan informasi yang terkini dan terpercaya.

Dua kata itu adalah slogan yang dicetuskan oleh Kiai Mukhlis saat rapat pembahasan mengenai tagline DepokToday di kediamannya kawasan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

DIBACA JUGA: Surge Mantap Gandeng Hops Media Group Perkuat Ekosistem Digital

Jatuh bangun Kiai Mukhlis mendirikan media kerap kali diingatkan oleh Tidar Aira supaya DepokToday jangan sampai tenggelam, seperti media sebelumnya yang dibesut oleh Kiai Mukhlis.

“Iya, DepokToday harus tetap ada. Semoga DepokToday menjadi media online terdepan di Kota Depok yang menyajikan berita-berita terkini dan terpercaya,” harap Kiai Mukhlis saat mengucapkan HUT pertama DepokToday.

Pesan penuh makna dari Kiai Mukhlis itu kini wajib diemban kru DepokToday, yang tengah merajut asa agar skoci bernama DepokToday menjadi “kapal pesiar”.

Ucapan duka dari pimpinan dan staf DepokToday atas wafatnya K.H. Mukhlis Effendi.(Foto: Istimewa/Design: DepokToday)
Ucapan duka dari pimpinan dan staf DepokToday atas wafatnya K.H. Mukhlis Effendi.(Foto: Istimewa/Design: DepokToday)

Selamat jalan kiai, bro Mukhlis. Terima kasih sudah menjadi sohib, partner kerja, sekaligus “bapak” buat DepokToday.

Tulisan ini hanya bagian kecil dari kisah persahabatan untuk mengenang perjuangan mu, yang kalau diceritakan secara rinci tak akan cukup dalam waktu sehari semalam. Salam hormat dan bangga dari kami, kru DepokToday.

(tdr)