Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020; Sevilla, Spanyol

Kota Sevilla di Spanyol.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Sevilla di Spanyol.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

SEVILLA—Sebelas negara ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Eropa 2020. Spanyol yang juga kontestan Piala Eropa 2020 dipilih sebagai salah satu tuan rumah turnamen sepak bola antarBenua Biru itu.

Bukan Madrid dan Barcelona, tapi Sevilla menjadi lokasi penyelenggara Piala Eropa edisi ke-16 ini. Sevilla merupakan kota terbesar keempat Spanyol.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Munchen, Jerman

Kota ini menjadi rumah bertanding negaranya, Spanyol, kala menghadapi Swedia (14 Juni 2021), Polandia (19 Juni 2021), Slovakia (23 Juni 2021) di babak penyisihan Grup E Piala Eropa 2020.

Stadion La Cartuja di Sevilla dipilih sebagai arena pertandingan tersebut, termasuk laga babak 16 besar tanggal 27 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Saint Petersburg, Rusia

Stadion ini terletak di Pulau La Cartuja, di tepi barat laut Sevilla, sekitar 4 km dari pusat bersejarah. Stadion La Cartuja dapat diakses melalui transportasi umum di jalur bus C1 dan C2, dan kereta Renfe Cercanias dengan jalur C2, yang memiliki stasiun tepat di sebelah venue.

Festival UEFA

Festival UEFA membawa semangat dan kegembiraan Piala Eropa 2020 ke jalan-jalan di Sevilla.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Glasgow, Skotlandia

Pada malam hari, Sevilla akan diterangi dengan pertunjukan cahaya spektakuler di seluruh pemandangan kota. Saat Anda berada di kota, lihat pertunjukan cahaya luar biasa yang menari dengan bintang-bintang di langit.

Sembilan titik di sekitar sungai Guadalquivir akan memproyeksikan berbagai bentuk dan grafik warna-warni yang disinkronkan saat Anda menjelajahi kota setelah matahari terbenam.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

Anda tidak perlu mengunjungi lokasi mana pun secara langsung untuk menikmati pertunjukan. Namun, mengikuti pertunjukan berjalan di tepi sungai Guadalquivir akan memberikan perspektif yang berbeda secara keseluruhan.

Tentu saja, ini adalah acara gratis, tetapi yang lebih baik lagi, dua dari sembilan poin akan menawarkan sesuatu yang sedikit lebih istimewa.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

Palacio de San Telmo dan Parlamento de Andalucia, keduanya dikenal karena arsitektur dan keindahan sejarahnya di kota, akan menjadi lokasi untuk dua pertunjukan cahaya audio dan visual ekstra khusus untuk melengkapi pertunjukan udara yang spektakuler. Tema pertunjukan audio/visual ini adalah semangat olahraga di Andalusia sepanjang sejarahnya.

Karena ini adalah pertunjukan luar ruangan yang berlangsung di jalan, tindakan COVID-19 akan sama dengan yang diterapkan di tempat umum.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Mengenakan masker wajah adalah suatu keharusan. Ingat, masker Anda harus menutupi mulut dan hidung Anda. Ingatlah untuk menghormati persyaratan jarak sosial. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat atau mengalami gejala COVID-19.

Spot Menarik

1. Terpesona oleh katedral: Dibangun antara 1402 dan abad ke-16, Catedral de Sevilla, yang dianggap sebagai kuil gothic terbesar di dunia dan Situs Warisan Dunia UNESCO, akan membuat Anda terpesona. Pastikan Anda mampir ke makam Christopher Columbus untuk berfoto.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

2. Makan, makan, makan: Jangan berpikir untuk tinggal di Sevilla tanpa memanfaatkan tradisi kulinernya yang lezat! Di pagi hari, cobalah Jamon Iberico ukiran tangan yang lezat di atas tostada yang renyah.

Salah satu kuliner di Sevilla.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Salah satu kuliner di Sevilla.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Di sore hari, jangan lewatkan merienda (atau “makanan ringan sore”) dan akhiri wisata kuliner Anda dengan beberapa tapas malam yang khas, seperti salmorejo atau croquetas.

3. Kunjungi Mercado de Triana: Di jantung lingkungan Triana, Anda akan menemukan Mercado de Triana. Tersesat di berbagai gangnya dan pastikan untuk mencoba anggur jeruk lokal yang lezat.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

4. Tenang, santai saja: Segera setelah Anda tiba di Sevilla, dua hal yang paling mungkin akan menyerang Anda: panas, dan ritme kehidupan yang berjalan lambat.

Toko dan kafe buka lebih lambat dari biasanya, jadi tidak ada banyak pilihan selain beradaptasi dan mengikuti arus!

Saat panas meningkat di sore hari, Anda bahkan dapat mengikuti contoh sebagian besar penduduk setempat dan tidur siang sebentar sebelum keluar untuk aktivitas malam hari Anda.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

5. Baila, baila: Anda tidak dapat meninggalkan Sevilla tanpa melihat apa yang paling terkenal: Flamenco. Kota Andalusia adalah rumah bagi tarian tradisional ini, yang dicirikan oleh perkusi tangan dan kaki yang dinamis. Jika Anda cukup beruntung, Anda mungkin bisa melihat beberapa penari jalanan tampil untuk Anda!

Penari jalan di Sevilla.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Penari jalan di Sevilla.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

6. Museum: Sevilla menawarkan berbagai kegiatan budaya dan museumnya, seperti Museum Seni dan Tradisi atau Museum Seni Rupa, merupakan bagian penting.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

7. El Rinconcillo: Di malam hari Anda dapat berhenti di el Rinconcillo, bar tertua di Sevilla yang berasal dari tahun 1670. Tempat milik keluarga ini masih memiliki banyak fitur dari bangunan aslinya, menjadikannya tempat yang unik untuk dikunjungi. Minuman atau Makanan.

8. Real Alcazar: Situs Warisan Dunia UNESCO ini harus didatangi. Dengan istana dan tamannya, Anda akan menyelami perjalanan yang menakjubkan melalui waktu, dari periode Arab hingga Renaisans. Fakta menyenangkan: istana ini masih digunakan oleh keluarga kerajaan Spanyol.

DIBACA JUGA: Piala Eropa 2020 Resmi Diundur Setahun

9. Tempat paling fotogenik: Jika Anda mencari keaslian, Plaza de Espana adalah tujuan Anda. Di sana, Anda akan menemukan patung tokoh Spanyol yang terkenal serta azulejo khas Sevilla yang menampilkan elemen ikonik budaya Spanyol.

Tetapi jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih kontemporer, Anda harus pergi dan melihat Metropol Parasol berbentuk jamur. Struktur kayu setinggi 26m ini dapat didaki, dan Anda akan mendapatkan gambar yang tak terlupakan dari atas.

10. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: La Giralda akan menawarkan pemandangan pusat kota Sevilla yang menakjubkan. Anda dapat mengaksesnya langsung dari katedral, jadi sebaiknya Anda memanfaatkan kunjungan Anda ke pusat sejarah kota dan mulai mendaki untuk mencapai puncak menara setinggi 104m ini!

(tdr/Sumber: uefa.com)