Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Saint Petersburg, Rusia

Kota Saint Petersburg di Rusia.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Saint Petersburg di Rusia.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

SAINT PETERSBURG—Setelah sukses menggelar hajatan Piala Dunia 2018, Rusia kembali kebagian menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020 yang dipusatkan di Kota Saint Petersburg.

Pernah menjadi salah satu kota tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018, Saint Petersburg sudah tidak kaget lagi menggelar pesta sepak bola antar negara.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Di kota itu, sebanyak tujuh pertandingan bakal dimainkan mulai dari babak penyisihan Grup B dan Grup E hingga babak kuarter final.

Semua laga main di Gazprom Arena atau disebut juga Stadion Saint Petersburg. Stadion ini terletak di barat laut Saint Petersburg. Tuan rumah Rusia akan menghadapi Belgia di pertandingan pembuka Grup B hari Sabtu, 12 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Glasgow, Skotlandia

Dua hari berselang (14 Juni 2021), giliran pertandingan Grup E antara Polandia melawan Slovakia yang digelar.

Rusia kembali bermain pada 16 Juni 2021 menghadapi Finlandia, dan masih di Grup B Finlandia berhadapan dengan Belgia tanggal 21 Juni 2021.

Gazprom Arena atau disebut juga sebagai Stadion Saint Petersburg.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Gazprom Arena atau disebut juga sebagai Stadion Saint Petersburg.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Laga di Grup E antara Swedia kontra Polandia tanggal 23 Juni 2021 menjadi pertandingan penutupan penyisihan grup.

Stadion Saint Petersburg akan kembali menggelar laga Piala Eropa 2020 dalam babak kuarter final tanggal 2 Juli 2021.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

Zona Penggemar

Fan Zone terletak di Palace Square di pusat Saint Petersburg; ini bukan hanya alun-alun utama Saint Petersburg, tetapi juga merupakan tempat tujuan untuk arsitektur yang unik dan menakjubkan.

Selain itu, Palace Square adalah tempat untuk semua acara sipil paling penting dan meriah dalam kehidupan Saint Petersburg, termasuk Layar Merah, parade militer, dan konser.

Palace Square benar-benar indah, jadi apakah Anda seorang penduduk atau turis, kunjungan ke Fan Zone adalah suatu keharusan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

Tempat yang Harus Dikunjungi

1. Nikmati Malam Putih: Matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam di Saint Petersburg antara akhir Mei dan awal Juli – sangat selaras dengan Piala Eropa 2020 sehingga sayang untuk tidak memanfaatkannya dengan berjalan-jalan “setelah gelap”.

2. Berbelanja sampai Anda tiba di Nevsky Prospekt: ​​Yakinlah bahwa Anda akan mengunjungi jalan perbelanjaan paling populer di kota ini di beberapa titik. Segudang toko, restoran, bar, dan pengamen yang ramai ini adalah tempat untuk membakar rubel Anda dengan cara yang menyenangkan.

3. Nikmati masakan Rusia: Borscht yang lezat, pelmeni mentega, atau beef stroganoff klasik, siapa saja? Pirozshki adalah roti renyah kecil yang diisi dengan bahan-bahan gurih seperti kubis dan daging, atau keju cottage manis, apel, atau ceri.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

4. Lihat Museum Hermitage: Jika Anda hanya dapat mengunjungi satu museum saat berada di Saint Petersburg, pilih yang satu ini. Ini bukan hanya salah satu yang tertua, tetapi sejujurnya salah satu museum paling mulia di dunia.

5. Kecepatan ke Istana Peterhof dengan perahu: Anda dapat mengunjungi istana dan taman yang megah dengan kereta api atau bus, tetapi hidrofoil jelas merupakan cara paling menghibur untuk sampai ke sana.

6. Kagumi istana bawah tanah: Stasiun metro alias dengan tiang marmer, patung, dan lukisannya yang indah. Sorotan termasuk Avtovo, Narvskaya, Ploshchad Vosstaniya dan Kirovsky Zavod.

7. Jelajahi kota dengan berjalan kaki: Semua atraksi utama seperti Palace Square, katedral Kazansky, dan benteng Peter dan Paul dapat dengan mudah dicapai dengan berjalan kaki selama 3-4 jam.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

8. Tempat Paling #Instagrammable: Jika teman dan keluarga Anda belum cukup iri dengan perjalanan Piala Eropa 2020 Anda, ambil foto selfie di depan Church of the Savior on Spilled Blood (Gereja Juru Selamat Menumpahkan Darah). Tak perlu dikatakan bahwa nama hebat seperti itu layak mendapat tag lokasi.

Church of the Savior on Spilled Blood (Gereja Juru Selamat Menumpahkan Darah).(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Church of the Savior on Spilled Blood (Gereja Juru Selamat Menumpahkan Darah).(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

9. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Taklukkan 300 anak tangga menara Katedral St. Isaac dan Anda akan dihadiahi pemandangan kota yang menakjubkan.

Untuk Penggemar Sepak Bola

Saint Petersburg adalah tempat kelahiran sepak bola di Rusia. Pertandingan pertama negara itu diadakan di halaman Korps Kadet di Pulau Vasilievsky pada 24 Oktober 1897.

Berjalan-jalanlah di sepanjang pelabuhan dan Jembatan Blagoveshensky, di mana penduduk Saint Petersburg akan mengobrol dengan pekerja Inggris di antara kotak kargo.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

Perjalanan sehari

Jika Anda memiliki waktu luang, pergilah ke Kronstadt, kota pelabuhan kecil dan pangkalan angkatan laut bersejarah yang terletak di Teluk Finlandia.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Katedral Angkatan Lautnya menakjubkan dan banyak benteng dan kanal Kronstadt paling baik dijelajahi dengan mengikuti tur perahu di sekitar teluk. Hanya 30 km dari Saint Petersburg dan mudah dicapai dengan bus atau marshrutka (taksi).

(tdr/Sumber: uefa.com)