Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Kota Roma di Italia.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Kota Roma di Italia.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

ROMA—Gelaran turnamen sepak bola Piala Eropa 2020 enam hari lagi akan dihelat. Stadion Olimpico, Roma, Italia, akan menjadi tuan rumah pertandingan pembuka.

Laga antara Turki vs Italia bakal tersaji di markas AS Roma dan Lazio itu, pada Jumat 11 Juni 2021 pukul 21:00 waktu setempat.

Selain Turki vs Italia, pertandingan lainnya yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, yaitu Italia vs Swiss, Italia vs Wales, dan laga kuarter final.

Karena Roma merupakan salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020, tulisan ini mencoba memberikan beberapa informasi  tentang ibu kota Italia itu.

Piala Eropa dan bola di Stadion Olimpico, Roma.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Piala Eropa dan bola di Stadion Olimpico, Roma.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

Lokasi Stadion Olimpico, Roma, sangat sentral, sekitar 3,5 km dari jantung kota. Untuk menuju stadion ini terdapat sejumlah moda transportasi, antara lain Metro, antar-jemput gratis naik shuttle bus, sepeda motor/skuter, bahkan bisa juga berjalan kaki. Pintu masuk ke dalam stadion terbagi menjadi empat, pintu A, pintu B, pintu C, dan pintu D.

Festival UEFA Roma Italia

Festival UEFA membawa semangat dan kegembiraan Piala Eropa 2020 hingga ke jalan-jalan di Roma.

Siapapun dapat bergabung dan berpesta. Semua kegiatan Festival UEFA gratis! Fan Zone di Via dei Fori Imperiali dan Football Village di Piazza del Popolo, memiliki jadwal yang penuh dengan acara sepak bola dan musik yang menarik, mulai dari akhir pekan pembukaan turnamen dan berlanjut hingga final.

Roma akan menawarkan empat tempat utama bagi para penggemar untuk merasakan keseruan Piala Eropa 2020 dengan cara Italia: Piazza di San Silvestro, Piazza San Lorenzo di Lucina, Piazza Mignanelli, dan Largo dei Lombardi, akan menjadi tuan rumah kegiatan yang berbeda dan menarik.

Menemukan Kotanya

1. Tonton “La Grande Bellezza” sebelum Anda bepergian: Drama Italia pemenang Oscar adalah penghormatan yang difilmkan dengan indah ke Kota Roma. Cara sempurna untuk benar-benar bersemangat tentang perjalanan dan memutuskan apa yang akan Anda punya waktu untuk dilihat dan dilakukan.

2. Bersepeda di Appian Way pada hari Minggu: “Jalan raya” Romawi kuno adalah salah satu atraksi yang paling terpelihara di daerah tersebut. Itu tertutup untuk mobil pada hari Minggu, yang memberi Anda kesempatan sempurna untuk mengayuh jalan.

3. Nikmati la dolce vita: Masakan Italia terkenal di dunia karena suatu alasan – manjakan diri dengan cita rasa pasta alla carbonara, fettuccine alfredo, dan tentu saja pizza.

Nikmati sarapan tradisional Italia dan pesan cappuccino atau espresso dengan kue manis sambil berdiri di bar. Ini membantu untuk melakukan sedikit riset sebelum menuju ke restoran untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman yang benar-benar otentik.

4. Kunjungi negara terkecil di dunia: Vatikan hanya berjarak naik kereta api singkat dari pusat kota Roma. Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina, dan Museum Vatikan semuanya harus ada dalam daftar Anda.

Baca Juga: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

5. Lemparkan beberapa koin ke dalam Fontana di Trevi. Tidak ada perjalanan yang lengkap tanpa kunjungan ke air mancur.

6. Belajar sedikit bahasa Italia: Buat penduduk setempat dan sesama pelancong terkesan dengan mempelajari cara memesan kopi atau pasta dalam bahasa Italia.

7. Berbelanja di pasar loak: Roma adalah rumah bagi lusinan pasar loak berkualitas, di mana Anda akan menemukan apa saja mulai dari seni kuno dan buku hingga aksesori unik hingga karya desainer Italia terbaik.

8. Tempat paling #Instagrammable: Pasti orang yang Anda cintai di rumah mengharapkan tidak kurang dari foto Anda di depan landmark paling terkenal di Roma, Colosseum. Kecuali Anda seorang ahli photoshop, pergilah pagi-pagi sekali untuk mendapatkan foto tanpa ada orang asing di latar belakangnya.

9. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Naik bus ke Terrazza del Gianicolo untuk melihat panorama kota yang menakjubkan (dan sedikit kedamaian dan ketenangan).

Perjalanan Sehari

Jika Anda kehabisan hal yang dapat dilakukan di Roma atau hanya perlu waktu jauh dari keramaian dan hiruk pikuk, naiklah kereta ke Bracciano, kota tepi danau yang menawan di utara kota.

Berjalan-jalan di sekitar jalur berliku dan kagumi arsitektur abad pertengahan dari pusat sejarah. Dan jangan lupa perlengkapan renang Anda – berenang di danau adalah suatu keharusan!

Sumber: uefa.com