Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Munchen, Jerman

Kota Munchen di Jerman.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Munchen di Jerman.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

MUNCHEN—Terkenal dengan sejarah sepak bolanya yang panjang begitu pula prestasinya, Jerman termasuk satu dari 11 negara penyelenggara Piala Eropa 2020.

Munchen dinilai sebagai kota yang pantas menggelar pesta sepak bola empat tahunan itu. DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Selain tenar dengan sepak bolanya, Munchen merupakan kota besar yang harus dikunjungi para wisatawan. Di sana banyak wisata yang dapat memanjakan mata dan lidah Anda, jika bulan ini punya rencana menonton langsung pertandingan Piala Eropa 2020.

Apa Saja yang Harus Dilakukan?

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

1. Kunjungi taman bir: Ini hampir tidak lebih otentik daripada memiliki pengalaman taman bir yang benar-benar Bavaria.

Sarapan Weißwurst adalah makanan tradisional khas Bavaria.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Sarapan Weißwurst adalah makanan tradisional khas Bavaria.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

2. Nikmati sarapan Bavaria: Saat Anda berada di taman bir, mengapa tidak melengkapi pengalaman Anda di Munchen dengan sarapan Wei properwurst (daging sapi muda putih dan sosis herbal) dengan mustard manis dan pretzel? Mintalah penduduk setempat untuk membantu Anda “menguliti” sosis dengan cara yang benar.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Saint Petersburg, Rusia

3. Kunjungi Eisbachwelle: Tidak ada lautan di dekat Munchen, tetapi itu tidak akan mencegah orang berjalan-jalan dengan pakaian selam, bertelanjang kaki, dengan papan selancar di bawah lengan mereka. Eisbachwelle adalah lokasi pusat kota terbesar dan tidak diragukan lagi terbaik untuk berselancar sungai.

4. Belajar Bahasa Bavaria: Dialek tradisional yang digunakan di Bavaria bisa sedikit membingungkan – bahkan untuk orang Jerman. Beberapa frasa yang berguna termasuk “Grüss Gott” (untuk “Halo”), “Brez’n” untuk pretzel atau “Tidak ada Misa, biddscheen” (“bir lagi, tolong.”).

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

5. Kunjungi museum seharga 1 Euro pada hari Minggu: Kota ini penuh dengan museum sejarah, seni, dan sains; dan sementara semua toko dan supermarket tutup pada hari Minggu, ini adalah hari bagi para pecinta budaya.

6. Makan di Viktualienmarkt: Foodies bersatu! Puaskan semua keinginan makan Anda di pasar makanan paling populer di Munchen tepat di pusat kota. Buka setiap hari dan sering dikunjungi oleh penduduk lokal dan pengunjung luar negeri.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Glasgow, Skotlandia

7. Tempat paling #Instagrammable: Jika teman dan keluarga Anda belum cukup iri dengan perjalanan Anda di Piala Eropa 2020, ambil foto selfie Anda di depan Monopteros. Paviliun di Englischer Garten adalah tempat yang sempurna untuk foto matahari terbenam yang indah.

8. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Mendaki sampai ke puncak Gereja St. Peter untuk pemandangan kota tua yang belum pernah ada sebelumnya dan (pada hari yang cerah) pegunungan Alpine yang tertutup salju.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

Untuk Penggemar Sepak 

Balai Kota Baru adalah rumah politik di Munchen dan balkonnya juga merupakan tempat di mana Bayern Munchen menyapa penggemar mereka ketika mereka telah memenangkan kejuaraan – yang telah terjadi cukup banyak akhir-akhir ini.

Tur yang tersedia untuk turis akan membawa Anda melewati ruang besar “Neues Rathaus” dan balkon, di mana Anda dapat berlatih mengangkat piala imajiner Anda.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Perjalanan sehari

Jika Anda memiliki waktu luang, pergilah ke Kastil Neuschwanstein, kastil dongeng yang mengilhami pengaturan untuk Putri Tidur Walt Disney. Itu sekitar dua jam dari Munchen, dan karena semua orang ingin melihat keajaiban arsitektur ini dalam pengaturan alpine yang indah, pastikan Anda memesan jauh-jauh hari.

Arena dan Jadwal Pertandingan

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

Pertandingan Piala Eropa di Munchen, Jerman, dimulai pada Selasa 15 Juni 2021 dimana Jerman selaku tuan rumah akan melawan Perancis yang sama-sama berada di Grup F.

Pertandingan dihelat di Football Arena Munchen alias Allianz Arena yang merupakan markas klub Jerman, Bayern Munchen.

Stadion ini terletak di utara Munchen, antara 30 dan 45 menit dari pusat kota, waktu tempuhnya tergantung pada titik awal dan moda transportasi yang digunakan.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

DIBACA JUGA: Piala Eropa 2020 Resmi Diundur Setahun

Menurut perencanaan saat ini, Football Arena Munich akan menampung 14.500 penggemar per pertandingan. Itu sekitar 22% dari kapasitas stadion.

Berikut ini jadwal pertandingan di Football Arena Munich atau Allianz Arena: Selasa 15 Juni 2021 – Grup F: Prancis vs Jerman (21:00, waktu setempat); Sabtu 19 Juni 2021 – Grup F: Portugal vs Jerman (18:00, waktu setempat); Rabu 23 Juni 2021 – Grup F: Jerman vs Hungaria (21:00, waktu setempat); dan Jumat 2 Juli 2021 – kuarter final (21:00, waktu setempat).

(tdr/Sumber: uefa.com)