Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020; London, Inggris

Kota London di Inggris.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota London di Inggris.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

LONDON—Tinggal dua hari lagi, Piala Eropa 2020 dimulai. Kota London, Inggris, juga ketempatan sebagai tuan rumah penyelenggara turnamen bola antarnegara Eropa yang memasuki edisi ke-16 itu.

Dari 11 tuan rumah yang ditunjuk UEFA, London paling istimewa di hajatan sepak bola terakbar di Benua Eropa ini. London dipercaya menggelar laga final Piala Eropa 2020 yang bertempat di Stadion Wembley pada 11 Juli 2021.

DIBACA JUGA: Piala Eropa 2020 Resmi Diundur Setahun

Tidak hanya final, pertandingan dua semifinal (6 dan 7 Juli 2021) dan dua laga babak 16 besar (26 dan 29 Juni 2021), juga dimainkan di Stadion Wembley.

Untuk babak penyisihan, Inggris selaku tuan rumah yang tergabung di Grup D akan menjamu Kroasia tanggal 13 Juni 2021 di Stadion Wembley.

Setelah itu, Inggris berturut-turut meladeni Skotlandia yang juga berlabel tuan rumah tanggal 18 Juni 2021, dan menjamu Republik Ceko pada 22 Juni 2021. Seluruh pertandingan penyisihan grup berlangsung di Stadion Wembley.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Stadion Wembley terletak di barat laut London. Transportasi umum dan bus adalah cara tercepat dan paling efisien untuk sampai ke stadion.

Menurut rencana saat ini, Stadion Wembley akan menampung maksimal 22.500 penggemar untuk dua pertandingan grup pertama. Kapasitas untuk pertandingan yang tersisa akan segera dikonfirmasi.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Festival UEFA

Festival UEFA membawa semangat dan kegembiraan Piala Eropa 2020 ke jalan-jalan di London. Fan Zone di Trafalgar Square dan Football Village di Potters Fields Park memiliki jadwal yang dikemas dengan acara sepak bola dan musik yang menarik, dimulai pada akhir pekan pembukaan turnamen dan berlanjut hingga final.

Pemandangan ikonik kota lainnya, Tower Bridge, akan diubah menjadi galeri seni luar ruang besar yang menangkap potret dan kisah orang-orang yang membentuk London.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia 

Proyek seni oleh seniman jalanan terkenal Prancis JR, juga akan melakukan perjalanan ke berbagai lokasi di seluruh kota selama turnamen, menciptakan karya seni sementara di seluruh London.

Fan Zone atau zona penggemar berada di Trafalgar Square di West End of London, sebuah area yang terkenal dengan musikal, museum, dan sejarahnya yang memenangkan banyak penghargaan, terletak tepat di sebelah Chinatown dan Soho yang menawan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020; Sevilla, Spanyol

Ada banyak yang ditawarkan bagi Anda untuk merencanakan pengalaman yang tak terlupakan. Alun-alun telah berfungsi sebagai titik pertemuan untuk festival, pertemuan komunitas, dan demonstrasi politik sejak abad ke-13 dan sekarang akan menjadi pusat perayaan Piala Eropa 2020.

Anda orang lokal di London atau tidak, nikmati perjalanan bebas stres dan gunakan transportasi umum untuk sampai ke acara Festival UEFA.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Munchen, Jerman

Layanan bus lokal tersedia di dekat Fan Zone. Stasiun kereta bawah tanah terdekat adalah Charing Cross, Piccadilly Circus dan Green Park. Berjalan kaki dan bersepeda juga merupakan pilihan. Hindari menggunakan mobil. Akan ada penutupan jalan di sekitar lokasi Festival UEFA.

Tempat Menarik

1. Sky Garden: Kunjungan gratis ke Sky Garden harus masuk catatan ketika berada di London untuk menangkap pemandangan 360 derajat kota yang menakjubkan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

2. Inggris Klasik: Pergi ke pub dan coba salah satu Inggris Klasik – fish and chips, pai gembala, atau Sunday roast.

3. Permata tersembunyi: The Royal Botanic Gardens di Kew adalah tempat yang sempurna untuk istirahat tanpa harus meninggalkan kota.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Saint Petersburg, Rusia

4. Jalan-jalan di kota: Berjalan-jalan di sepanjang Regent’s Canal; terbentang dari timur ke barat sepanjang 14 kilometer, tidak ada kekurangan berhenti untuk membuat dari Little Venice ke Kebun Binatang London.

Tower Bridge.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Tower Bridge.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Berjalanlah melalui South Bank of the River Thames – dari Tower Bridge ke Westminster – untuk tempat-tempat bersejarah, arsitektur, dan budaya yang tidak dapat dilewatkan.

5. Museum gratis yang layak dikunjungi: Museum Sejarah Alam, Museum Victoria dan Albert, Galeri Nasional, Museum Inggris, dan TATE Modern.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Glasgow, Skotlandia

6. Pasar: Pasar Borough, buka dari Senin hingga Minggu, adalah pasar makanan tertua di London. Di East End, periksa pasar jalanan Broadway dan Columbia Road untuk makanan lezat dan pemandangan penuh warna.

Pasar di London yang menjajakan makanan.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Pasar di London yang menjajakan makanan.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

7. Tempat paling #instagramable: Apakah mungkin untuk memilih satu saja? London adalah definisi #instagrammable, tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih unik, telusuri jalan-jalan Shoreditch untuk menemukan karya seni jalanan favorit Anda untuk foto (atau selfie).

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

8. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Di puncak Primrose Hill, Anda akan menemukan salah satu dari enam sudut pandang yang dilindungi di London. Puncaknya hampir 63m di atas permukaan laut, dan pepohonan ditebang rendah agar tidak mengaburkan pemandangan.

9. Untuk sejarawan: Westminster adalah salah satu daerah paling bersejarah di London; dari Gedung Parlemen ke Istana Buckingham dan Ruang Perang Churchill, Westminster adalah kesenangan untuk sejarawan.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

10. Taman yang paling disukai: Nikmati cuaca musim panas sebagai penduduk lokal di beberapa ruang hijau kota yang kurang turis. Pergi berperahu di Victoria atau Battersea Parks, temukan rusa di Richmond Park, kunjungi Kyoto Garden di Holland Park, dan jika Anda ingin berpetualang, cobalah berenang di kolam di Hampstead Heath.

Untuk penggemar Sepak bola

Siap untuk sedikit melihat sejarah? Itu di Pub Freemason di Covent Garden di mana Asosiasi Sepak Bola (FA) didirikan pada tahun 1863.

Selama lima malam, pelopor sepak bola seperti yang kita kenal menetapkan 13 hukum pertama permainan, membuat Freemason’s Tavern ( seperti yang disebut saat itu) tempat kelahiran sepak bola asosiasi.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

Meskipun pub bukanlah tujuan wisata yang khas, pub ini merayakan Asosiasi Sepak Bola dengan pajangan memorabilia dan juga merupakan tempat yang bagus untuk menonton pertandingan.

Perjalanan sehari

Jika Anda memiliki waktu luang, pergilah ke Brighton, yang juga dikenal sebagai “London-by-the-sea”. Hanya naik kereta satu jam dari London Victoria atau London Bridge, Brighton adalah tempat pelarian tepi laut yang sempurna.

(tdr/Sumber: uefa.com)