Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

Kota Kopenhagen di Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Kopenhagen di Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

KOPENHAGEN—Sebagai ibu kota sekaligus kota terbesar di Denmark, Kopenhagen menjadi penyelenggara pagelaran Piala Eropa 2020 yang kick-off nya dimulai pada 11 Juni 2021.

Disitat dari laman wikipedia, letak Kopenhagen berada di pesisir timur pulau di tepi Sungai Sont. Nama Kopenhagen berasal dari kata Kobmandshavn, yang berarti “pelabuhan saudagar”.

Per Januari 2015, jumlah penduduk di Kopenhagen sebanyak 1.263.698 jiwa dan kawasan metropolitan sebesar 2.013.009 jiwa.

Perhelatan Piala Eropa 2020 di Kopenhagen akan gegap gempita, namun tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19, sama halnya dengan kota lainnya yang juga menjadi tuan rumah.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Timnas sepak bola Denmark mengawali kampanye penyisihan Grup B tanggal 12 Juni 2021 melawan Finlandia. Lima hari berikutnya (17 Juni), tim tuan rumah akan menjajal kekuatan Belgia, dan pertandingan terakhir menghadapi Rusia pada 21 Juni 2021.

Seluruh pertandingan penyisihan grup termasuk babak 16 besar tanggal 28 Juni 2021 dimainkan di Stadion Parken.

Stadion Parken dekat dengan pusat kota, jaraknya sekira 3 kilometer (km). Bisa ditempuh dengan jalan kaki, transportasi publik, bersepeda, dan S-train.

Kopenhagen adalah salah satu kota terbaik bagi para pesepeda. S-train adalah gabungan jaringan angkutan cepat dan kereta api komuter di Metropolitan KopenhagenDenmark.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Sistem ini menghubungkan pusat kota dengan pinggiran yang dekat dengan Kopenhagen, dan mendekati separuh stasiun yang berada di dalam kota. Sehingga memudahkan Anda yang ingin berjalan-jalan di Kopenhagen selain menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2020.

Berwisata

1. Makan Kue Denmark: Kurang lengkap bila mengunjungi Kopenhagen tanpa mencicipi beberapa makanan tradisional Denmark ini. Pikirkan kreasi yang menggugah selera seperti gulungan kayu manis, Drommekage (kue bolu dengan topping kelapa karamel), dan variasi Wienerbrod (kue puff) yang tak terhitung jumlahnya. Yang terbaik adalah mereka tidak sulit ditemukan; Kopenhagen terkenal dengan toko kuenya yang luar biasa.

Mencoba kue kering sebanyak mungkin harus ada dalam daftar list Anda berkunjung di Kopenhagen.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Mencoba kue kering sebanyak mungkin harus ada dalam daftar list Anda berkunjung di Kopenhagen.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

2. Kunjungi Stroget: Yakinlah bahwa Anda akan berakhir di jalan pejalan kaki terpanjang di Eropa di beberapa titik. Segudang toko yang ramai dari anggaran hingga merek kelas atas ini adalah tempat untuk menghabiskan Kroner Anda dengan cara yang menyenangkan.

3. Tempat paling #instagrammable: Beberapa ruang kota paling menarik di Kopenhagen dapat ditemukan di Norrebro, dengan peluang bagus untuk foto atau hang out. Taman umum Superkilen populer di kalangan penduduk setempat dan pengunjung, dan Pasar Gelap adalah favorit khusus para pecinta Insta.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

4. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Meskipun bukan tempat paling konvensional untuk menemukan pemandangan kota yang indah, Kebun Binatang Kopenhagen memiliki menara setinggi 50 meter, yang dari atas memberikan pemandangan kota dan cakrawala yang menakjubkan.

5. Tivoli Gardens: Ini bukan sembarang taman hiburan tua. Terletak tepat di tengah kota, Tivoli Gardens memiliki sesuatu untuk semua orang. Wahana mendebarkan terletak di antara taman yang terawat sempurna dan arsitektur yang menakjubkan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

6. Berenang di Pelabuhan: Baru-baru ini dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia untuk berenang, Kopenhagen dipenuhi dengan tempat yang sempurna untuk menikmati hari yang cerah dan air yang bersih.

Anda juga dapat mendayung melalui kanal, menjadi kapten kapal listrik, atau mengikuti banyak tur kanal yang luar biasa. Ada banyak cara untuk bersenang-senang di atas air tanpa menjadi basah.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

7. Sewa sepeda: Kopenhagen memiliki lebih banyak sepeda daripada orang, jadi jika Anda punya waktu untuk menjelajahi kota, menyewa sepeda adalah cara untuk melakukannya.

Kopenhagen memiliki lebih banyak sepeda daripada penduduk.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kopenhagen memiliki lebih banyak sepeda daripada penduduk.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Ada banyak tempat untuk mengambilnya; cek online di mana tempat sewa terdekat dengan Anda. Tapi lihat dulu peraturan bersepedanya, jadi Anda tidak menghalangi jam sibuk roda dua di Kopenhagen.

8. Distrik pengepakan daging: Awalnya rumah bagi bisnis industri daging Kopenhagen, Kodbyen – bagian dari lingkungan Vesterbro – telah berubah menjadi kluster baru dan kreatif dengan galeri, kehidupan malam, dan restoran.

9. Bermain ski di Kopenhill: Kopenhagen memang datar, tapi itu tidak menghentikan kota untuk menawarkan ski sepanjang tahun. Menempatkan lereng ski di atas pabrik pengelolaan limbah bukanlah pilihan yang jelas, tetapi Kopenhill yang baru dibuka menawarkan ski sepanjang tahun ditambah hiking dan dinding panjat tertinggi di dunia.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Perjalanan Sehari

Jika Anda memiliki waktu luang dan menyukai perjalanan sehari, kastil Kronborg adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan hanya berjarak satu jam perjalanan kereta dari Kopenhagen.

Jika Anda tidak mengenali Kronborg, Anda mungkin mengenali Elsinore – nama yang diberikan untuk kastil di Dusun Shakespeare. Selama bulan-bulan musim panas, Anda bahkan dapat menikmati pertunjukan langsung dari permainan di kastil.

(tdr/Sumber: uefa.com)