Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Glasgow, Skotlandia

Kota Glasgow di Skotlandia.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Glasgow di Skotlandia.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

GLASGOW—Glasgow adalah sebuah kota yang terletak di Sungai Clyde di daerah dataran rendah Skotlandia.

Bersama Roma, Baku, Bukares, Amsterdam, Budapest, Munchen, Sevilla, Kopenhagen, Saint Petersburg, dan London. Glasgow, Skotlandia juga terpilih sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020.

Stadion Hampden Park menjadi arena bertanding empat tim di Grup D, salah satunya timnas sepak bola Skotlandia selaku tuan rumah.

Stadion Hampden Park terletak di selatan pusat kota Glasgow. Mudah dijangkau dengan perjalanan transportasi publik, kendaraan pribadi, maupun berjalan kaki.

Stadion Hampden Park.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Stadion Hampden Park.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Kick-off di Stadion Hampden Park dimulai tanggal 14 Juni 2021 dimana Skotlandia menjamu Republik Ceko. Kemudian laga berikutnya adalah Kroasia versus Republik Ceko tanggal 18 Juni 2021, dan Kroasia kontra Skotlandia di tanggal 22 Juni 2021. Satu pertandingan babak 16 besar juga berlangsung di stadion ini tanggal 29 Juni 2021.

Zona Penggemar

Jika Anda menginginkan suasana elektrik, layar raksasa, semangat tim yang meriah, dan latar ikonik, Zona Penggemar Glasgow, Skotlandia adalah tempatnya.

Fan Zone berada di Glasgow Green di pusat kota dalam jarak berjalan kaki dari tujuan perbelanjaan populer, bar dan restoran dan pusat transportasi utama.

Ada banyak yang ditawarkan bagi Anda untuk merencanakan pengalaman yang tak terlupakan. Glasgow Green telah lama menjadi tuan rumah festival, pertemuan komunitas, dan acara olahraga besar, dan sekarang akan menjadi pusat perayaan Piala Eropa 2020. Anda tidak akan mau melewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarahnya!

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Ada apa di Fan Zone? Dengan lapangan aktivitas multi-olahraga ️kemudian layar besar yang menampilkan pertandingan Piala Eropa 2020, menara festival digital dan area keluarga ️serta mini golf berikut taman makanan dan minuman-minuman, melengkapi kemeriahan di tempat tersebut.

Berkapasitas 3.000 orang per sesi (2 sesi per hari), Fan Zone akan membuka keseluruhan turnamen dari 11 Juni 2021 hingga 11 Juli 2021.

Pertandingan Piala Eropa 2020 akan diputar di Fan Zone serta aktivasi budaya pada hari-hari di mana tidak ada jadwal pertandingan sepak bola. Tanggal-tanggal penting: Pertandingan grup Skotlandia pada 14, 18 dan 22 Juni 2021, Semifinal (6 dan 7 Juli 2021), dan final  (11 Juli 2021).

Tempat Wisata Glasgow Skotlandia

1. Ikuti arus: Segera setelah Anda melangkah ke jalan-jalan Glasgow, getaran kota yang trendi dan eklektik akan menarik Anda lihat. Kota terbesar di Skotlandia ini menyimpan banyak kreativitas dan seni, museum kelas dunia, keunggulan kuliner, bar trendi, adegan musik yang menarik, dan tentu saja, cinta tanpa syarat untuk sepak bola.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

2. Cobalah pai Scotch: Favorit teras sepak bola, pai kecil yang diisi dengan daging kambing cincang dan sering disajikan dengan kacang dan keripik.

3. Temukan Glasgow’s West End: Beberapa pelancong menjelajah ke bagian kota ini, tetapi mereka melewatkannya. Toko-toko Bohemiam, jalan kecil berbatu yang cantik, bar dan restoran yang ramai, serta rumah bagi Universitas Glasgow.

4. Bergabunglah dengan tur wiski: Banyaknya penyulingan wiski dan merek di Glasgow dapat tampak luar biasa, jadi daftarlah untuk mengikuti tur wiski untuk mendapatkan sedikit panduan tentang cara menemukan minuman favorit baru Anda.

5. Berbelanja: Glasgow adalah pusat ritel terbesar di Inggris di luar West End London, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menjelajahi belanja jalanan terbaik, toko unggulan, favorit desainer, butik independen, dan butik vintage. Glasgow adalah rumah bagi beberapa distrik perbelanjaan populer termasuk Style Mile dan Merchant City, serta ujung barat dan selatan.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

6. Bersantai di taman: Glasgow berarti “tempat hijau tersayang” dalam bahasa Gaelik dan mudah untuk mengetahui alasannya, dengan lebih dari 90 taman dan kebun terbuka untuk dinikmati umum.

Victorian Kelvingrove Park di barat kota memiliki Kebun Raya, sedangkan Tollcross Park di timur memiliki taman mawar yang terkenal dan berbagai kegiatan anak-anak.

Perjalanan Sehari Glasgow Skotlandia

7. Ikuti jejak mural: Cara yang sedikit berbeda untuk menjelajahi kota: ambil Peta Jalur Mural Pusat Kota dan temukan seni jalanan Glasgow yang menakjubkan.

8. Tempat paling #Instagrammable: Glasgow City Chambers adalah contoh arsitektur Victoria yang menakjubkan dan tangganya yang cantik adalah latar belakang yang sempurna untuk foto Insta Anda berikutnya.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

9. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Naiki tangga spiral Mercusuar tua untuk pemandangan kota yang menakjubkan dan saksikan salah satu pameran kelas dunia di gedung saat Anda berada di sana.

Loch Lomond adalah salah satu tempat paling indah dan ikonik di Skotlandia dan pilihan yang sangat baik untuk perjalanan sehari jika Anda benar-benar membutuhkan Vitamin Sea! Itu bahkan inspirasi di balik lagu cinta yang dinyanyikan orang-orang di Skotlandia di sejumlah acara khusus.

Loch yang memesona terletak di jantung Loch Lomond & The Trossachs National Park, di mana Anda akan dikelilingi oleh desa-desa yang menawan, pedesaan yang bergulir, perbukitan, dan beberapa kegiatan yang benar-benar indah.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Pada kedalaman 190m dan garis pantai 153 km, apakah Anda ingin berjalan-jalan di tepi danau atau petualangan air yang luar biasa, ada banyak cara untuk menjelajahi danau. Ini adalah hamparan air terbesar di Inggris dan berjarak kurang dari satu jam dari Glasgow dengan kereta api.

(tdr/Sumber: uefa.com)