Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Budapest, Hongaria

Kota Budapest di Hongaria.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Kota Budapest di Hongaria.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

BUDAPEST—Piala Eropa 2020 empat hari lagi dihelat. Kota Budapest di Hongaria salah satu penyelenggaranya.

Empat pertandingan akan berlangsung di Budapest, tepatnya di Puskas Arena. Grup F yang dijuluki grup “Neraka” karena dihuni tim elite Eropa yaitu Portugal, Jerman, Perancis, akan bermain di stadion itu.

Hongaria sebagai tuan rumah harus menghadapi ketiga tim besar tersebut. Hongaria akan menjajal kekuatan sang juara bertahan, Portugal pada 15 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Selanjutnya, pada 19 Juni 2021, Hongaria meladeni Perancis, sang runner up Piala Eropa 2016. Laga terakhir penyisihan grup dimainkan  pada 23 Juni 2021 antara Portugal vs Perancis. Pertandingan ini beraroma “final ulangan” karena kedua tim pernah berjumpa di Piala Eropa edisi sebelumnya.

Puskas Arena juga kebagian menggelar pertandingan babak 16 besar pada 27 Juni 2021.

Lantas apa saja yang ada di Budapest. Jika Anda punya rencana menonton langsung ke Puskas Arena, berikut ini tempat-tempat yang bisa dikunjungi sebagai aktivitas selain menyaksikan pertandingan Piala Eropa 2020.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Yang Harus Dikunjungi

1. Berjalan-jalan di sepanjang Danube Promenade: Ini adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan harus berada di bagian paling atas dari daftar To-See Anda.

2. Temukan Pub Reruntuhan: Suatu saat di awal 2000-an, bangunan terbengkalai dan ruang luar yang tidak biasa berubah menjadi pub dan bar rahasia. Meskipun mereka mungkin tidak terlalu rahasia lagi, banyak dari mereka masih sangat kacau dan dengan demikian tempat yang sempurna untuk malam yang ramah dan murah.

3. Naik trem: Jalur 2 memiliki pemandangan Danube yang menakjubkan dan melewati banyak tempat wisata utama kota.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

4. Pelajari beberapa frasa bahasa Hongaria: Oke, bahasa ini memang sulit, tetapi menguasai beberapa kata akan memberi Anda poin brownies dengan penduduk setempat dan mengesankan teman perjalanan Anda. Kiat teratas: Cobalah untuk setidaknya mempelajari pengucapan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi.

5. Cobalah gulyás: Gulai adalah sup yang dibuat dengan daging dan sayuran, makanan kenyamanan Hungaria yang paling utama.

6. Makan di Great Market Hall: Foodies bersatu! Pasar indoor tertua dan terbesar di negara ini akan memuaskan semua keinginan makan Anda. Buka setiap hari selain hari Minggu.

7. Tempat paling #Instagrammable: Arsitektur neo-gothic dari gedung parlemen terbesar ketiga di dunia itu indah di siang hari, tetapi sangat memukau di malam hari. Pemandangan terbaik adalah dari benteng Nelayan di seberang sungai – jika Anda membawa tripod, inilah saatnya untuk menggunakannya.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

8. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Bukit Gellért. Pendakian singkat (atau naik taksi) ke atas bukit dan Anda akan dihadiahi pemandangan kota dan sungai yang menakjubkan.

9. Mandi – Budapest kadang-kadang disebut “Ibukota Spa Dunia” dan akan sangat sia-sia jika Anda pergi tanpa memanjakan diri di antara hari pertandingan, bukan? Ada puluhan pemandian air panas, baik outdoor maupun indoor.

10. Berjalan-jalan di Pulau Margaret – Pulau kedamaian ini terletak di pusat Budapest dan menawarkan pelarian santai dengan jalan setapaknya yang indah, taman bunga, pohon-pohon kuno, dan air mancur musik yang terkenal.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Bukares, Rumania

Untuk penggemar sepak bola

Saatnya bernostalgia: “Pertandingan abad ini” Hongaria dimulai pada tahun 1953, ketika tim nasional mengalahkan Inggris 6-3 di Wembley. “Magyar Perkasa” adalah tim pertama dari benua Eropa yang mencapai ini dan warisan kemenangan masih hidup: mural besar di Rumbach Sebestyén utca 8. berfungsi sebagai pengingat kemenangan bersejarah itu.

Perjalanan sehari

Jika Anda memiliki waktu luang dan menginginkan kedamaian dan ketenangan, pergilah ke Danau Velence, yang lebih tenang dari Danau Balaton. Hanya naik kereta 30-45 menit dari pusat Budapest dan jauh lebih sedikit turis. Suhu air di musim panas bisa naik hingga 26C, menjadikannya salah satu danau terhangat di benua itu.

Sumber: uefa.com