Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

Kota Baku di Azerbaijan.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Kota Baku di Azerbaijan.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

BAKU—Menjadi kota terbesar di Azerbaijan, Baku terpilih sebagai salah satu penyelenggara Piala Eropa 2020.

Turki, Wales, dan Swiss, akan bertanding di wilayah yang menjadi ibu kota negara Azerbaijan itu. Tidak hanya babak penyisihan Grup A, Baku juga ketempatan menggelar pertandingan kuarter final.

Sebanyak empat pertandingan dimainkan di Stadion Olimpiade Baku. Berkapasitas 69.000 penonton, Stadion Olimpiade Baku dibuka tahun 2015. Jarak ke pusat kota sekitar 12 kilometer (km) terletak di timur laut Baku.

Transportasi umum akan menjadi cara tercepat dan paling efisien untuk sampai ke stadion. Untuk di turnamen Piala Eropa, penonton bisa masuk ke dalam stadion dari pintu selatan dan utara.

Stadion Olimpic Baku.(Foto: screenshot dari situs resmi UEFA)
Stadion Olimpiade Baku.(Foto: screenshot dari situs resmi UEFA)

Menemukan Kotanya

1. Kunjungi Maiden Tower: Karena bentuk dan desainnya yang unik, Maiden Tower telah menjadi simbol tidak resmi Baku. Karena Laut Kaspia berada 28 meter di bawah permukaan laut, dan bagian bawah Menara Perawan berada di permukaan air, ketika Anda berdiri di puncak menara, Anda sebenarnya berada di permukaan laut.

2. Selami sejarah Azerbaijan: Istana Shirvanshahs adalah istana abad ke-15 yang dibangun oleh Shirvanshah dan digambarkan oleh UNESCO sebagai “salah satu mutiara arsitektur Azerbaijan”.

3. Naik gondola di Little Venice: “Kota” kecil dengan kanal dan pulau buatan ini adalah tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati sedikit ketenangan di tengah hutan kota.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

4. Cicipi masakan Azerbaijan: Plov adalah salah satu hidangan paling ikonik di negara ini – nasi berbumbu kunyit dan kayu manis dengan daging dan sayuran goreng, dengan buah kering atau kacang di atasnya. Atau bagaimana dengan Qutab, panekuk mentega yang sangat lezat yang diisi dengan daging atau sayuran yang disajikan dengan yogurt yang diresapi adas?

5. Lihat nyala api di gurun: Apakah ini nyala api abadi, Anda bertanya? Pastilah itu. Yanar Dag adalah api gas alam yang telah menyala selama ribuan tahun. Jelajahi api dan pelajari tentang kisah mistis para pelancong dari ribuan tahun yang lalu.

6. Berburu Pakhlava yang sempurna: Mirip dengan baklava Turki, camilan lezat ini terbuat dari delapan hingga sepuluh lapis kacang tanah dengan madu, kapulaga, dan topping sirup kunyit.

Baca Juga: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

7. Jelajahi Taza Bazaar: Rasakan kehidupan lokal di pasar harian terbesar di Baku. Vendor menjual segala sesuatu mulai dari buah-buahan dan sayuran segar hingga kacang-kacangan, rempah-rempah, daging, dan ikan.

8. Tempat paling #Instagrammable: Tunjukkan kecintaan Anda pada kota dengan berfoto selfie di tanda “I Love Baku” di depan Heydar Aliyev Center.

9. Tempat terbaik untuk pemandangan indah: Naik kereta Funicular ke Taman Dagustu (Taman Dataran Tinggi) untuk melihat panorama tepi laut Baku yang menakjubkan.

Perjalanan Sehari dan Mewahnya Piala Eropa

Yang mutlak harus dilakukan dalam rencana perjalanan Azerbaijan Anda: perjalanan ke Taman Nasional Gobustan, situs Warisan Dunia UNESCO! Di sinilah Anda akan menemukan gunung lumpur yang terkenal, terletak di lanskap yang membuat Anda merasa seperti telah mendaftar untuk perjalanan ke bulan.

Taman ini juga merupakan rumah bagi Petroglyphs, koleksi lebih dari 6.000 gambar batu yang berasal dari 5.000 hingga 40.000 tahun. Yang terbaik adalah bergabung dengan tur terorganisir dari Baku. Fakta menyenangkan untuk mengesankan sesama pelancong: hampir setengah dari gunung lumpur dunia terletak di Azerbaijan.

Sumber: uefa.com