Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Amsterdam, Belanda

Kota Amsterdam di Belanda.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Kota Amsterdam di Belanda.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

AMSTERDAM—Belanda tidak ketinggalan sibuknya di perhelatan Piala Eropa 2020. Negeri Kincir Angin ini sudah siap menyelenggarakan turnamen sepak bola antar negara Eropa itu, dimana Kota Amsterdam sebagai titik pusatnya.

Amsterdam baru akan menggelar pertandingan pada 13 Juni 2021 atau dua hari setelah pembukaan Piala Eropa 2020 di Italia.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Roma, Italia

Belanda selaku tim tuan rumah yang tergabung dalam Grup C akan menghabiskan semua pertandingannya di Amsterdam, dengan Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara sebagai lawannya.

Seluruh pertandingan penyisihan grup digelar di Johan Cruijff Arena yang terletak di tenggara pusat Kota Amsterdam. Babak 16 besar juga dihelat di kandang Ajax Amsterdam tersebut.

Johan Cruijff Arena.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)
Johan Cruijff Arena.(Foto: screenshot dari laman resmi UEFA)

Menikmati Kota

1. Naik sepeda: Ada lebih dari 800.000 sepeda di Amsterdam. Itu lebih banyak sepeda daripada manusia! Bersepeda di Amsterdam adalah cara hidup, dipermudah oleh jaringan rute sepeda dan lanskap datar kota yang tak terkalahkan.

Amsterdam secara teratur menempati urutan teratas dalam daftar kota paling ramah sepeda di dunia, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menjelajahi jalan-jalan, kanal, dan atraksinya selain dengan mengayuh pedal.

2. Temukan alam di jantung kota Amsterdam: Sering disebut-sebut sebagai lingkungan paling elegan di Amsterdam, menjelajahi Plantage terasa seperti kontras yang menyegarkan dan luas dengan citra tradisional kota.

Berjalan-jalanlah di sepanjang kanalnya, nikmati minuman di teras tepi sungai saat matahari terbit atau jelajahi kehidupan malam yang semarak, jika ada batasan, di salah satu kafe atau restoran modern.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Baku, Azerbaijan

3. Naik feri ke Amsterdam Utara: Banyak pengunjung ke Amsterdam tidak pernah berhasil menjelajah ke utara Stasiun Pusat, yang memalukan mengingat pemandangan makanan, minuman, dan budaya yang semarak yang berkembang di seberang air, di sepanjang tepi IJ.

Perjalanan feri singkat (gratis) akan membawa Anda ke sejumlah titik pengantaran, termasuk hotspot budaya NDSM, di mana Anda dapat menikmati sejumlah tempat nongkrong tepi laut yang trendi, pasar yang sering dikunjungi, dan acara.

4. Ikuti pelayaran kanal: Diciptakan pada abad ke-17 untuk menjaga laut di teluk, sabuk kanal Amsterdam yang dilindungi UNESCO adalah visi kartu pos bergambar klasik kota, dan pemandangan yang luar biasa indah baik siang maupun malam, saat jembatan diterangi oleh lampu peri dan seluruh area terasa magis.

Jam buka mungkin dibatasi. Silakan periksa situs web sebelum kunjungan Anda.

5. Makan dari gerobak ikan haring: Ikan haring mentah mungkin terdengar sedikit menakutkan bagi yang belum tahu, tetapi setiap pengunjung ke Amsterdam harus mencobanya. Anda akan melihat haringhandels (kereta ikan haring) yang menyajikan makanan khas Belanda ini di seluruh kota.

6. Makan di sekitar tiga puluh kedai makanan di bekas depot trem: Terletak di lingkungan Oud-West yang trendi, De Hallen adalah pusat baru untuk seni, kerajinan, mode, dan makanan di gedung industri yang baru saja direnovasi dari tahun 1902 De Hallen memiliki bioskop, toko independen dan hotel butik, serta Food Hallen yang mengesankan – surga makanan dan minuman di mana pengunjung dapat mengunyah makanan jalanan kelas atas dari salah satu dari banyak vendor yang terletak di sekitar pusat bar.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

7. Bertatap muka dengan Van Goghs asli: Tidak ada perjalanan ke Amsterdam yang lengkap tanpa memberi penghormatan kepada impresionis Belanda Vincent van Gogh. Bangunan modern di Museumplein adalah rumah bagi lebih dari seribu lukisan, gambar, dan pesan seniman.

Jam buka mungkin dibatasi. Silakan periksa situs web sebelum kunjungan Anda.

8. Tempat paling #instagrammable: Ambil fotomu dengan huruf I Amsterdam. Anda dapat melacak surat-surat perjalanan saat mereka bergerak di sekitar kota – cari tahu di mana mereka berada di situs web resmi.

Untuk Penggemar Sepak Bola

Hanya dengan berjalan kaki 50 menit dari stadion, Anda dapat menemukan apa yang terkadang disebut penduduk setempat sebagai “Negara Cruijff”; Betondorp, daerah di mana pemain sepak bola paling terkenal dari Belanda Johan Cruijff melakukan tendangan pertamanya.

Sebuah mural sepuluh meter yang mengesankan yang didedikasikan untuknya menghiasi dinding perumahan – terletak di dekat persimpangan Wembleylaan dan Anfieldroad (ya, ini adalah nama jalan yang sebenarnya).

Perjalanan Sehari Amsterdam

Zandvoort adalah permata yang nyata. Ini adalah salah satu pantai paling populer di Amsterdam dan merupakan rumah bagi banyak klub pantai yang semarak, mulai dari restoran yang apik hingga bar bohemian yang penuh warna dengan DJ dan api unggun.

Mendapatkan ke Pantai Amsterdam adalah sepotong kue. Sangat cepat dan mudah untuk sampai ke sana menggunakan transportasi umum.

Dengan kereta api hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Stasiun Pusat Amsterdam. Bus nomor 80 juga beroperasi langsung dari Elandsgracht di Amsterdam pusat ke pantai Zandvoort, memakan waktu sekitar satu jam.

Sumber: uefa.com