Mengenal Microsleep dan Cara Atasinya Saat Berkendara

Berkendara aman (foto istimewa)
Berkendara aman (foto istimewa)

DepokToday – Keadaan microsleep merupakan penyebab banyak kecelakaan. Kondisi ini terjadi ketika pengendara tiba-tiba tertidur dan bangun dalam hitungan detik.

Rasa kantuk atau kelelahan yang tidak tertahan menjadi penyebab hal ini terjadi. Nah, ada baiknya Anda mengantisipasi hal ini terjadi jika mengalami sejumlah tanda-tanda ini.

Melansir dari Kompas.com, seseorang bisa mengalami microsleep saat melakukan tugas penting, seperti berkendara atau mengoperasikan mesin.

Tanda seseorang mengalami microsleep

Tanda seseorang mengalami microsleep sangat sulit diidentifikasi. Sebab, banyak orang tak sadar mengalaminya.

Gejala yang terkait dengan kondisi ini meliputi:

Tidak menanggapi informasi

Tatapan kosong

Mengalami sentakan tubuh tiba-tiba

Tidak dapat mengingat satu atau dua menit terakhir

Berkedip lambat

Tanda-tanda peringatan meliputi:

Baca Juga: Dituntut 3 Tahun, Pengacara Terdakwa Hoaks Babi Ngepet Bilang Perbuatan Kliennya Tak Timbulkan Keonaran

Ketidakmampuan untuk menjaga mata tetap terbuka

Menguap berlebihan

Tubuh tersentak

Terus berkedip untuk tetap terjaga.

Keadaan ini dapat terjadi kapan saja. Biasanya, hal ini disebabkan karena kurang tidur.

Mencegah microsleep saat berkendara

Baca Juga: Pakai Dana Rp10 Miliar, Pembangunan Pasar Sawangan Kini Capai 40 Persen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, microsleep adalah penyebab umum kecelakaan lalu lintas.

Karena itu, diperlukan persiapan matang sebelum berkendara.

Untuk menghindari microsleep saat berkendara, pastikan diri Anda dalam kondisi waspada.

Untuk menjaga diri Anda tetap aman saat mengemudi, operasikan kendaraan hanya saat Anda merasa waspada.

Anda juga bisa meminta bantuan teman atau orang lain untuk bergantian mengemudi saat Anda lelah.

Anda juga perlu berhenti berkendara saat merasakan gejala berikut:

Menguap berulang-ulang

Kelopak mata berat

Tidak bisa konsentrasi.

Selain itu, tetap jaga pikiran Anda saat mengemudi agar tetap waspada. Dengarkan musik dengan tempo cepat atau putar podcast untuk menghindari kantuk.

Sebelum berkendara, pastikan diri Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup dan berada dalam kondisi bugar. (lala/*)