Mengenal Gejala Kanker Langka DLBCL yang Diderita Ari Lasso

Ari Lasso (foto: Istimewa)
Ari Lasso (foto: Istimewa)

DepokToday– Musisi kenamaan tanah air, Ari Lasso terkena kanker limfoma DLBCL (Diffuse Large B-cell Lymphoma). Hal tersebut dia ungkapkan saat menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier.

“Kanker gue itu namanya DLBCL. Pokoknya, cancer jenis sell B. (kanker ini) curable, bisa disembuhkan,” ucap Ari Lasso.

Sebelumnya, Ari Lasso sempat menjalani operasi besar untuk pengangkatan tumor limpa. Lantas, apa itu kanker limfoma DLBCL?

Kanker limfoma DLBCL adalah kanker yang menyerang limfosit B. Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih. Kanker ini juga dikenal langka.

Sementara sel B adalah limfosit yang membuat antibodi untuk melawan infeksi dan merupakan bagian penting dari sistem limfatik.

Baca Juga: Terlihat Muda dengan Rutin Konsumsi Teh Rooibos dari Afrika

Dirangkum dari laman Lymphoma Research Foundation, Diffuse large B-cell lymphoma adalah jenis kanker limfoma non-Hodgkin yang paling agresif sehingga menyebar dengan cepat. Meski demikian, kanker ini berpotensi dapat disembuhkan.

Kanker ini dapat berkembang di kelenjar getah bening atau di area di luar kelenjar getah bening seperti saluran pencernaan, testis, tiroid, kulit, payudara, tulang, otak, atau pada dasarnya setiap organ tubuh.

Gejala awal adanya kanker ini sering berupa benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher. Gejala ini cenderung berkembang dengan cepat dan mungkin menyakitkan atau bisa juga tidak.

Pada sekitar 40 persen orang, kanker jenis ini muncul di area lain seperti perut atau usus. Selain itu, gejala lain kanker limfoma DLBCL, antara lain demam, keringat malam yang basah kuyup, penurunan berat badan, nyeri dada atau perut, sesak napas atau batuk, dan gatal. (lala/*)